Kamis 08 Aug 2024 11:50 WIB

Muslim Inggris Paling Dermawan Tapi Masih Jadi Sasaran Kebencian, Ini Kata FOZ 

Kaum Muslimin punya tingkat kedermawanan yang sangat tinggi.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Umat muslim sedang makan saat mengikuti buka puasa bersama di Masjid Rawdah di Bradford, Inggris, Ahad (9/4/2023).
Foto: EPA-EFE/Adam Vaughan
Umat muslim sedang makan saat mengikuti buka puasa bersama di Masjid Rawdah di Bradford, Inggris, Ahad (9/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Umat Islam di Inggris dari kalangan bawah sampai kalangan atas disebut sebagai kelompok paling dermawan berdasarkan hasil survei. Akan tetapi, Muslim Inggris saat ini menjadi sasaran kebencian dari kelompok ekstrem sayap kanan yang anti-imigran dan masyarakat Islamofobia.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Forum Zakat (FOZ), Wildhan Dewayana mengatakan, bagi umat Islam sebetulnya praktik kedermawanan bukan semata-mata aktivitas setia tapi memang dilandaskan pada sesuatu yang lebih dalam dari itu. 

Baca Juga

"Ketika umat Islam melakukan praktik kedermawanan, ia merasa itu sedang beribadah dan menunaikan pengabdian kepada Allah SWT dan menunaikan ajaran agamanya," kata Wildhan kepada Republika.co.id, Kamis (8/8/2024).

Wildhan mengatakan, jadi tidak mengagetkan kalau di banyak tempat, kaum Muslimin punya tingkat kedermawanan yang sangat tinggi. Walaupun memang ibadah maliyah ini punya efek implikasi sosial yang positif. Terutama dalam meringankan atau menuntaskan problematika dasar di tengah-tengah masyarakat.