Kamis 08 Aug 2024 12:36 WIB

Banyak Artis Minta Undangan Hadiri HUT RI di IKN, Siapa Saja?

Setneg tengah menyusun nama-nama yang akan hadir di HUT RI di IKN.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Suasana lapangan upacara yang akan digunakan pada HUT RI di kawasan Istana Kepresidenan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/7/2024). Sejumlah tokoh akan hadir pada upacara di IKN.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Suasana lapangan upacara yang akan digunakan pada HUT RI di kawasan Istana Kepresidenan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/7/2024). Sejumlah tokoh akan hadir pada upacara di IKN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) Yusuf Permana mengatakan pemerintah tengah melakukan penyelesaian untuk peringatan detik-detik proklamasi di Istana Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Merdeka Jakarta. Yusuf mengatakan tata upacara militer atau acara pokok hampir tidak ada perbedaan yang menonjol karena kegiatan upacara sudah mempunyai SOP sendiri.

"Sedangkan untuk acara penunjang lainnya, termasuk hiburan, tentu kami utamakan kearifan budaya Indonesia yang beraneka ragam," ujar Yusuf saat dihubungi Republika.co.id di Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Baca Juga

Yusuf menyampaikan peringatan HUT ke-79 RI akan menampilkan kesenian dari Provinsi DKI Jakarta dan provinsi-provinsi lain yang ada di Pulau Kalimantan. Selain itu, pemerintah juga mengundang artis dan kreator konten untuk ikut serta merayakan peringatan kemerdekaan RI di IKN. 

"(Daftar nama artis) masih kami susun karena banyak sekali yang berminat minta undangan untuk dapat hadir," ucap Yusuf. 

Yusuf menyampaikan pemerintah membagi dua kategori tamu undangan untuk di IKN dan Istana Merdeka Jakarta. Untuk tamu undangan di IKN meliputi presiden dan ibu negara, mantan presiden, presiden terpilih, pimpinan lembaga negara, menteri, Panglima, Kapolri, tokoh agama, masyarakat, dan budaya, masyarakat di sekitar IKN, serta para pekerja di IKN.

"Tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh budaya jadi prioritas utama untuk dihadirkan agar mempunyai kedekatan dengan ibu kota baru dan ke depan Bapak Presiden mengajak masyarakat bersama-sama menjemput masa depan di IKN," sambut Yusuf. 

Sementara acara di Istana Merdeka Jakarta yang dipimpin Wakil Presiden Maruf Amin akan mengundang mantan wapres, menteri, tokoh agama, masyarakat, dan budaya, pejabat TNI, Polri, dan ASN, serta masyarakat sekitar Istana Merdeka Jakarta. 

"Kami mohon doa masyarakat agar pagelaran acara di bulan kemerdekaan ini dapat berjalan dengan Baik. Ini harapan kita bersama dan juga menjadi tanggung jawab bersama untuk menyukseskan seluruh rangkaian acara HUT RI yang akan kita rayakan dengan suka cita dan gempita," kata Yusuf. 

Muhammad Nursyamsi

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement