Kamis 08 Aug 2024 16:20 WIB

Gempa Besar Guncang Jepang, Ada Peringatan Tsunami

Gempa bermagnitudo 7,1 skala richter terjadi di lepas panta Kyushu.

Red: Fitriyan Zamzami
Lokasi perintatan tsunami di Jepang pada Kamis (8/8/2024).
Foto: Badan Meteorologi Jepang
Lokasi perintatan tsunami di Jepang pada Kamis (8/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO – Peringatan tsunami dikeluarkan untuk sebagian wilayah Kyushu dan Shikoku pada Kamis setelah gempa berkekuatan 7,1 skala richter, yang tercatat lebih rendah dari skala intensitas seismik Jepang, terjadi di lepas pantai selatan Kyushu, kata Badan Meteorologi.

Dilaporkan Japan Times, gelombang tsunami setinggi 1 meter dapat mencapai prefektur Miyazaki, Kochi, Oita, dan Kagoshima, termasuk pulau Tanegashima dan Yakushima di Prefektur Kagoshima.

Gempa hari Kamis, dengan pusat gempa di laut Hyuganada di lepas pantai Prefektur Miyazaki, terjadi pada pukul 1643 waktu setempat. di kedalaman 30 kilometer. Prakiraan tsunami, yang memperingatkan kemungkinan perubahan kecil pada permukaan laut, dikeluarkan untuk wilayah yang lebih luas, hingga ke utara hingga Semenanjung Boso di Prefektur Chiba.

Gempa kali ini terjadi setelah gempa bumi kuat di barat daya Jepang pada bulan April yang mengakibatkan sembilan orang luka ringan dan menyebabkan kerusakan seperti pipa air pecah dan tanah longsor kecil.