Kamis 08 Aug 2024 19:03 WIB

6 Cara Mendatangkan Rezeki Melimpah dan Berkah yang Disebutkan Alquran

Rezeki merupakan salah satu rahasia Allah SWT

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Sedekah. Rezeki merupakan salah satu rahasia Allah SWT
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ilustrasi Sedekah. Rezeki merupakan salah satu rahasia Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT telah menegaskan dalam Alquran bahwa rezeki adalah rahasia dan Dia sendirilah yang mengaturnya. Hanya saja, Allah SWT memberikan banyak jalan atau cara agar manusia, terkhusus umat Islam mendapatkan kelancaran rezeki.

Alquran menyebutkan sejumlah jalan agar umat Islam memperoleh kemudahan dalam mencari rezeki, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga

Pertama, takwa kepada Allah SWT. Takwa ini adalah melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Allah SWT berfirman:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

"..Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS at-Talaq: 2-3)

Kedua, jaga sholat lima waktu dan perbanyak sholat sunnah.

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.” (QS Taha: 132)

Sholat adalah sarana yang menghubungkan manusia dengan Tuhannya, dan menjadikannya dalam kondisi ketenangan rohani, dan ketentraman hati, dan merupakan salah satu sebab yang mendatangkan rezeki di dunia dan akhirat.

Baca juga:Coba Cari Kesalahan Alquran, Mualaf Lamaan Ball: Tuhan Jika Engkau Ada, Bimbinglah Aku

Ketika seorang Muslim menjaga pelaksanaan sholat pada waktunya, hal ini akan memberinya berkah dalam penghidupannya, dan meningkatkan ketenangan dan kebahagiaannya.

Oleh karena itu, seorang Muslim harus giat melaksanakan sholat pada waktu-waktu yang telah ditetapkan, dan menyadari pentingnya rukun Islam yang agung ini dalam kehidupannya sehari-hari; Karena dampak positifnya terhadap semua aspek kehidupannya.

Ketiga, memperbanyak...

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement