Jumat 09 Aug 2024 05:05 WIB

Ridwan Kamil Sangat Mungkin Gandeng Kader PKS Ini Jadi Cawagub, Begini Analisis Pengamat

PKS mengaku sudah ada pembicaraan internal di DPP untuk bergabung dalam KIM.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Mas Alamil Huda
Ketua TKD Prabowo-Gibran Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mendampingi Prabowo Subianto menghadiri kampanye akbar di Subang, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).
Foto:

Dia menyebutkan hubungan baik yang pernah terjalin antara Ridwan Kamil dan PKS dalam berbagai kesempatan menambah peluang terjadinya duet mantan wali kota Bandung itu dengan Syaikhu. Adi pun meyakini pengumuman resmi Ridwan Kamil dipasang di Pilkada Jakarta tinggal menunggu waktu.

"Bagi kami yang melihat dari jauh, Ridwan Kamil sudah dipastikan maju di Jakarta, tinggal menunggu waktu diumumkan," tuturnya.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menyampaikan KIM Plus di Jakarta akan terealisasi, terlaksana, dan tereksekusi. "Apalagi PKB sudah bersuara, Nasdem sudah bersuara, dan jangan lupa PKS sudah meminta diajak masuk pemerintahan," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad telah berkomunikasi dengan PKS, PKB, PPP, Partai Nasdem, hingga Partai Perindo, untuk mengusung Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024. Komunikasi itu salah satunya berkaitan dengan posisi bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Ridwan Kamil.