Jumat 09 Aug 2024 02:52 WIB

BREAKING NEWS: Rizki Juniansyah Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

Rizki berhasil mengungguli lawan-lawannya di ajang angkat besi kategori 73 kg.

Red: Ahmad Fikri Noor
Atlet angkat besi putra Indonesia, Rizki Juniansyah.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Atlet angkat besi putra Indonesia, Rizki Juniansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Atlet angkat besi Indonesia Rizki Juniansyah berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade Paris 2024 pada Jumat (9/8/2024) dini hari WIB. Atlet berusia 21 tahun itu berhasil mencatatkan total angkatan sebesar 354 kilogram (kg). Rizki berhasil mengungguli lawan-lawannya di ajang angkat besi kategori 73 kg.

Rizki berhasil menyelesaikan angkatan Snatch dengan berat 155 kg. Sementara, angkatan Clean & Jerk berhasil diselesaikan dengan berat 199 kg. Angkatan Clean & Jerk itu sekaligus memecahkan rekor Olimpiade.

Baca Juga

Dengan capaian ini, Indonesia kini berhasil mendapatkan total 2 medali emas dan 1 perunggu dari Olimpiade Paris.

Rizki memang sudah diunggulkan untuk meraih medali emas. Lifter asal Banten itu telah meraih tujuh medali emas internasional dan tiga medali perak, serta mencetak rekor dunia pada tingkat senior dan junior.

Terakhir pada April, Rizki memenangkan IWF World Cup 2024 di Thailand pada kelas 73 kilogram (kg), dengan total angkatan 365 kg, memecahkan rekor sebelumnya.

Sebelumnya, Rizki mengaku masih belum puas dalam menorehkan prestasi karena belum sampai ke level Olimpiade. Oleh sebab itu, ia akan memanfaatkan kesempatan tampil perdana pada Olimpiade Paris 2024 untuk menggapai prestasi yang diinginkan.

Ia menyebutkan sejumlah lawan yang patut diperhitungkan dalam kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris yaitu perwakilan dari China, Jepang, Bulgaria, dan beberapa negara lain dari Eropa.

"Pada kejuaraan sebelumnya lawan saya dari negara-negara itu, sehingga saya juga mengevaluasi kemampuan mereka dan bagaimana mempersiakan diri untuk bertanding di Olimpiade," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tim Indonesia Official (@timindonesiaofficial)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement