Jumat 09 Aug 2024 06:42 WIB

OPM tak Akui Pembunuhan Pilot Selandia Baru, Ini Tantangan Mereka kepada TNI-Polri

OPM menolak untuk mengakui terlibat dalam pembunuhan pilot Selandia Baru.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Kondisi pilot asal Selandia Baru, Glen Malcolm Conning di dalam helikopter yang ditembak OPM di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Senin (5/8/2024).
Foto: Republika.co.id
Kondisi pilot asal Selandia Baru, Glen Malcolm Conning di dalam helikopter yang ditembak OPM di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Senin (5/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA — Kelompok bersenjata Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) masih menolak untuk mengakui terlibat dalam peristiwa penyerangan dan pembunuhan pilot asal Selandia Baru, Glen Malcolm Conning yang terjadi di Distrik Alama, Mimika, Papua Tengah, Senin (5/8/2024). Kelompok bersenjata Papua Merdeka itu menuntut aparat keamanan Indonesia membuktikan tuduhan yang menyudutkan TPNPB-OPM adalah kelompok pelaku penyerangan dan pembunuhan pilot helikopter sipil milik PT Intan Angkasa Air Service tersebut.

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengatakan, sampai hari ke-4 setelah penyerangan dan pembunuhan di Distrik Alama tersebut, belum ada satupun sayap militer Papua Merdeka yang berbasis di kawasan Mimika, Papua Tengah melaporkan perihal peristiwa tersebut ke Markas Pusat TPNPB-OPM. Karena itu, kata Sebby, penyampaian Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Satgas Damai Cartenz yang menuding kelompok bersenjata Papua Merdeka adalah kelompok pelaku dalam penyerangan dan pembunuhan Glen Malcolm tersebut tak dapat diterima.

Baca Juga

“Berdasarkan fakta hukum apa pihak Indonesia mempublikasikan bahwa pilot asal New Zealand (Selandia Baru) Glen Malcolm Conning dibunuh oleh TPNPB-OPM? Apakah ada hasil dari investigasi dari tim independen yang sudah dilakukan?,” begitu kata Sebby melalui pesan singkat yang diterima, Kamis (8/8/2024). “Kami perlu jelaskan, bahwa sampai hari ke-4 tidak laporan konfirmasi dari TPNPB-OPM di wilayah tersebut. Oleh karena itu perlu investigasi independen, dan kami menunggu fakta-fakta hukumnya,” begitu ujar Sebby.

Sebby, pada Rabu (7/8/2024) menyampaikan kecurigaan TPNPB-OPM atas peristiwa penyerangan dan pembunuhan pilot Glen Malcolm. Selama ini memang dalam setiap peristiwa penyerangan ataupun pembunuhan yang dilakukan sayap bersenjata Papua Merdeka, selalu mendapatkan respons dan pengakuan tanggung jawab dari Markas Pusat TPNPB-OPM. Namun terkait peristiwa penyerangan helikopter sipil PT Intan Angkasa Air Service dan pembunuhan pilot Glen Malcolm di Distrik Alama itu, alih-alih bertanggung jawab, TPNPB-OPM menuding bahwa peristiwa tersebut dilakukan oleh kelompok pelaksana skenario bikinin aparat militer dan keamanan Indonesia.

Kata Sebby, pelaku penyerangan dan pembunuhan tersebut dilakukan oleh kelompok bersenjata binaan TNI maupun Polri. “Kami curiga bahwa pembunuhan pilot helikopter asal Selandia Baru adalah sudah diskenariokan oleh militer dan polisi Indonesia itu sendiri,” begitu kata Sebby, Rabu (7/8/2024). Dikatakan Sebby, penyerangan dan pembunuhan pilot asal Selandia Baru itu, terkait dengan rencana TPNPB-OPM yang berada di bawah komando Egianus Kogeya di wilayah Nduga, di Papua Pegunungan yang berencana membebaskan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Marthens.

Kapten Philip juga pilot penerbangan sipil yang berkewarganegaraan Selandia Baru. Pilot Susi Air itu, sudah satu setengah tahun dalam penyanderaan sejak Februari 2023. Penyampaian terbuka TPNPB-OPM untuk membebaskan Kapten Philip tersebut, disampaikan langsung oleh Egianus Kogeya, pada Sabtu (3/8/2024). Sedangkan peristiwa penyerangan dan pembunuhan terhadap pilot Glen Malcolm di Distrik Alama tersebut pada Senin (5/8/2024). Kata Sebby, peristiwa di Distrik Alama tersebut, bertujuan untuk mendegradasi kepercayaan publik atas niat baik TPNPB-OPM dalam memulangkan Kapten Philip.

“Oleh karena itu, perlu investigasi independen karena kami curiga, bahwa hal ini (pembunuhan Glen Malcolm) merupakan bagian dari skenario untuk menghalangi misi pembebasan pilot Susi Air (Kapten Philip), dengan tujuan untuk menggagalkan niat baik Panglima Egianus Kogeya dan pasukannya di Ndugama,” begitu ujar Sebby.

TPNPB-OPM, kata Sebby juga mengkritisi pemberitaan-pemberitaan di Indonesia dan luar negeri yang mengutip penyampaian tak benar yang disampaikan oleh Satgas Damai Cartenz perihal kronologis pilot Glen Malcolm terbunuh. Kata Sebby, semua pemberitaan menyudutkan TPNPB-OPM sebagai pelaku berdasarkan penyampaian Satgas Damai Cartenz.

Padahal, kata dia, hingga kini pun belum ada pernyataan resmi dari sayap militer Papua Merdeka di wilayah Timika, Papua Tengah. Pun kata Sebby, semua pemberitaan menyampaikan pernyataan Satgas Damai Cartenz yang menyebutkan korban Glen Malcolm dibunuh dengan cara ditembak, lalu dibacok, dan dibakar bersama-sama dengan helikopter yang dipilotinya tersebut.

Padahal, kata Sebby, dari dokumentasi yang diterima oleh TPNPB-OPM, terlihat jelas mayat Glen Malcolm dan helikopter yang dipilotinya tersebut dalam kondisi yang utuh dan tak ada tanda-tanda terbakar. “Kami sampaikan dari foto-foto yang kami terima dari PIS (Papua Intelijen Service) TPNPB-OPM, menunjukkan mayat pilot helikopter masih utuh, dan helikopter juga tidak dibakar,” begitu kata Sebby. TPNPB-OPM, kata Sebby menegaskan, penyampaian berita tentang kronologis oleh Satgas Damai Cartenz tersebut adalah informasi yang tak benar.

photo
KELAPARAN BERULANG DI PAPUA - (Republika)

Alasan polisi soal narasi helikopter terbakar.. baca di halaman selanjutnya.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement