Jumat 09 Aug 2024 07:03 WIB

Dapat Hadiah 100 Ribu Dirham, Ini yang Dilakukan Bunda Aisyah

Aisyah menyedehkahkan uang sedang pakaiannya sendiri bertambal-tambal.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Penampakan makam di Pemakaman Baqi, Kota Madinah, Sabtu (8/6/2024). Jamaah yang datang ke komplek pemakaman keluarga Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam tersebut diizinkan untuk berziarah dengan cara melintasi dan dilarang untuk berhenti. Di komplek Pemakaman Baqi dikebumikan sejumlah keluarga Rasulullah dan para sahabat. Di antaranya Sayyidah Aisyah, Fatimah, Ali bin Abu Thalib, dan sahabat mulia Utsman bin Affan.
Foto:

Suatu hari, Aisyah sedang berpuasa. Di rumahnya hanya ada sekerat roti. Tiba-tiba datanglah seorang fakir untuk meminta-minta. Aisyah berkata kepada pelayannya, "Berikanlah roti itu." Pelayannya berkata, "Tidak ada sedikitpun makanan di rumah ini untuk berbuka nanti." 

Aisyah menjawab, "Tidak mengapa, berikanlah roti itu." Roti itu pun diberikan kepada si fakir tersebut. (dari Kitab Muwaththa)

Suatu ketika, dikisahkan Aisyah telah membunuh seekor ular. Lalu, ia bermimpi seseorang berkata kepadanya, "Kamu telah membunuh seorang Muslim (dari golongan jin)." Aisyah menjawab, "Jika ular itu seorang Muslim, ia tidak akan memasuki kamar istri baginda Nabi SAW." Orang itu menjawab lagi, "la datang dengan berhijab." 

Aisyah terkejut kemudian terbangun dari tidurnya dan segera menyedekahkan 12 ribu dirham sebagai tebusan, karena telah (tanpa sengaja) membunuh seorang Muslim dari golongan jin.Urwah Radhiyallahu anhu berkata, "Suatu hari kulihat Aisyah menyedekahkan uang 70 ribu dirham, sedang pakaiannya sendiri bertambal-tambal." (dari Kitab Thabaqat)