Jumat 09 Aug 2024 08:33 WIB

Daftar 10 Negara Pemberi Bonus Terbesar Peraih Emas Olimpiade, Indonesia Mencengangkan

Pada Olimpiade Tokyo, peraih emas Indonesia mendapatkan Rp 5,5 miliar.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Lifter Indonesia Rizki Juniansyah saat upacara pengalungan medali kelas 73 kg putra Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024). Rizki meraih medali emas setelah berhasil meraih total angkatan 354 kilogram sehingga menduduki peringkat pertama dari 12 lifter yang turut serta dalam nomor tersebut.
Foto:

4. Serbia 218 ribu dolar AS (sekira Rp 3,5 miliar)

Novak Djokovic adalah nama paling terkenal yang mewakili Serbia di Paris. Bintang tenis kelas dunia ini meraih medali emas ke dalam daftar penghargaan yang dimilikinya. Ia dan atlet Serbia lainnya berhasil meraih posisi tiga besar di ajang masing-masing akan mendapatkan uang pensiun nasional di samping bonus besar karena meraih medali.

5. Malaysia 214 ribu dolar AS (sekira Rp 3,4 Miliar)

Tidak seperti negara-negara yang telah dibahas sebelumnya, ada perbedaan besar dalam hadiah uang yang dibayarkan oleh Malaysia berdasarkan posisi podium yang diraih oleh para atlet mereka. Memenangkan emas akan mendapatkan lebih dari Rp 3,4 miliar sementara mereka yang berada di posisi ketiga hanya mendapatkan 10 persen dari angka tersebut.