Jumat 09 Aug 2024 10:07 WIB

Di Mana Rasulullah Sholat Jumat Pertama Kali Saat di Madinah?

Perintah Sholat Jumat sejatinya sudah ada sejak Rasulullah SAW di Makkah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
ILUSTRASI Rasulullah SAW.
Foto: dok publicdomainpictures
ILUSTRASI Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIF -- Masjid Jum'ah bertempat di sekitar 500 meter sebelah utara Masjid Quba. Di tanah ini dulu tinggal Bani Salim bin ‘Auf.

Rasulullah SAW mampir ke tempat tersebut pada hari Jumat, lalu tiba waktu sholat Dzuhur. Rasulullah SAW kemudian sholat dua rakaat didahului dua khutbah. Inilah sholat berjamaah Jumat pertama yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW.

Baca Juga

Walaupun perintah sholat berjamaah Jumat telah turun sewaktu Nabi Muhammad SAW masih berada di Makkah. Saat itu Rasulullah SAW tidak melaksanakannya karena menghindari kaum Musyrikin Makkah.

Tapi waktu itu, Mas’ab bin Umair telah melaksanakannya di Quba, di tempat Bani Amru bin ‘Auf yang nantinya menjadi bagian dari Masjid Quba yang dibangun oleh Rasulullah SAW di saat berhijrah.

photo
Nabi Muhammad sholat jumat pertama kali di Masjid Al Jumah. - (Arab News)

Riwayat lain menyebutkan, sahabat pertama yang melaksanakan sholat berjamaah Jumat sebelum Rasulullah SAW adalah As’ad bin Zurarah.

Khutbah yang disampaikan Rasulullah SAW di Masjid Jum'ah ini, yang selanjutnya disebut dengan Masjid Jumah sampai sekarang, merupakan khutbah pertama yang disampaikan Nabi Muhammad SAW dalam sholat Jumat.

Halaman selanjutnya ➡️

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement