Jumat 09 Aug 2024 13:34 WIB

Melirik Sejarah Hotel Pangrango Sukabumi, Dari Zaman Belanda Hingga Kini

Hotel ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Sukabumi, karena keindahan alamnya di bawah kaki Gunung Gede Pangrango.

Rep: Redaksi sukabumikini.com/ Red: Partner
.
Foto: network /Redaksi sukabumikini.com
.

Bangunan Pangrango Resort Sukabumi di Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
Bangunan Pangrango Resort Sukabumi di Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

SUKABUMIKINI.COM -- Sukabumi sudah sejak lama terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotik. Wilayah ini pun memiliki sejarah panjang dalam perjalanan bangsa, yang ditandai dengan banyaknya bangunan bersejarah peninggalan zaman Belanda.

Salah satunya Pangrango Resort Sukabumi, yang kini menjadi salah satu destinasi wisata utama di Kabupaten Sukabumi. Hotel ini memiliki sejarah panjang yang dimulai pada awal abad ke-20. Di lokasi ini, pada awal tahun 1900-an, berdiri sebuah hotel yang dikenal dengan nama ‘Hotel Kreamer’.

Hotel ini dimiliki oleh seorang Belanda dan menjadi salah satu bangunan bersejarah di daerah tersebut. Namun, ketika Jepang masuk dan menjajah Indonesia, Hotel Kreamer mengalami kerusakan yang signifikan akibat ulah tentara Dainipon. Meski demikian, peninggalan dari Hotel Kreamer yang masih dapat disaksikan hingga kini adalah kolam renang yang memiliki berbagai ukuran kedalaman, yang masih digunakan oleh Pangrango Resort.

Perkembangan Lahan dan Fasilitas