Jumat 09 Aug 2024 17:11 WIB

Jazilul: PKB Berkomitmen Sukseskan Pemerintahan Prabowo

PKB siap berkoalisi dengan Gerindra di semua pilgub di Pulau Jawa.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid saat diwawancara di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024).
Foto: undefined
Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid saat diwawancara di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid buka suara usai Ketum Abdul Muhaimin Iskandar bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Widya Chandra, Jakarta Selatan pada Kamis (8/9/2024) malam WIB. Menurut dia, pertemuan itu untuk membahas kerja sama antara PKB dan Gerindra dalam lima tahun ke depan.

Jazilul mengatakan, pertemuan yang berlangsung di rumah dinas Prabowo itu berlangsung dengan penuh kekeluargaan. Dalam pertemuan itu, kata dia, Muhaimin alias Cak Imin menyampaikan hasil Mukernas PKB pada 23 Juli 2024 kepada Prabowo.

Baca Juga

"PKB berkomitmen untuk bersama-sama menyukseskan pemerintahan bersama Gerindra, menyukseskan pemerintahan ke depan," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2024).

Menurut dia, kebersamaan antara PKB dan Partai Gerindra akan juga dilakukan dalam momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Artinya, menurut Jazilul, kerja sama antara dua partai berpeluang terjadi di berbagai daerah penting, termasuk di seluruh provinsi Pulau Jawa.

Jazilul mengatakan, selama ini, PKB dan Gerindra telah menjalin kerja sama di beberapa daerah, termasuk untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten dan Sulawesi Utara. Sementara untuk wilayah lain yang belum terjalin kerja sama dengan Gerindra, kata dia, Desk Pilkada PKB segera menindaklanjutinya.

"Enggak dibahas secara spesifik. yang jelas kita sama-sama tau DKI belum selesai, Jateng belum selesai, Jatim belum selesai, Jabar belum selesai," kata Wakil ketua MPR tersebut.

Menurut Jazilul, sinergi yang dibangun antara PKB dan Gerindra akan dimulai dari momen momen politik terdekat. Namun, ia tak memungkiri bahwa peluang koalisi tidak mungkin terjadi di semua kabupaten/kota.

"Hanya menjadi yang perhatian publik utamanya di tingkat gubernur atau provinsi di Jawa yang menjadi perhatian publik dan sudah kami buktikan di Banten, PKB bersama dengan Gerindra nanti bisa menyusul. Di DKI bisa menyusul di Jawa Barat, bisa menyusul di Jateng, bisa menyusul di Jatim. Semuanya dibicarakan," kata Jazilul.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement