Jumat 09 Aug 2024 19:07 WIB

Iran Tiba-Tiba Pamerkan Rudal Baru yang tak Terdeteksi, Bersiap Serang Israel?

Koalisi negara Arab dilaporkan akan membiarkan rudal-rudal Iran mencapai Israel.

Red: Fitriyan Zamzami
Seorang wanita Iran berjalan melewati spanduk anti-Israel yang memuat gambar rudal Iran, di Teheran, Iran, 16 April 2024.
Foto: EPA-EFE/ABEDIN TAHERKENAREH
Seorang wanita Iran berjalan melewati spanduk anti-Israel yang memuat gambar rudal Iran, di Teheran, Iran, 16 April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN – Garda Revolusi Iran mengumumkan pada Jumat bahwa angkatan lautnya telah menyiapkan rudal jelajah baru yang dilengkapi dengan hulu ledak berdaya ledak tinggi dan tidak terdeteksi. Pengumuman yang dikeluarkan seiring kekhawatiran akan terjadinya perang besar-besaran di Timur Tengah setelah Iran berjanji untuk membalas pembunuhan Ismail Haniyeh, pemimpin Hamas Palestina di Teheran pada 31 Juli.

“Di dunia sekarang ini Anda harus kuat untuk bertahan hidup, atau menyerah. Tidak ada jalan tengah,” kata komandan tertinggi Garda Revolusi, Mayor Jenderal Hossein Salami dilansir Reuters“Sejumlah besar rudal jelajah telah ditambahkan ke armada angkatan laut Garda Revolusi. Rudal-rudal baru ini memiliki kemampuan hulu ledak berdaya ledak tinggi yang tidak terdeteksi dan dapat menyebabkan kerusakan parah serta menenggelamkan sasaran mereka,” kata Garda dalam pernyataannya.

Baca Juga

Angkatan Laut Garda Revolusi juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa berbagai jenis sistem rudal jarak jauh dan menengah, serta drone pengintai dan radar angkatan laut, telah ditambahkan ke armadanya. “Sistem ini merupakan salah satu senjata antipermukaan dan bawah permukaan paling mutakhir di angkatan laut Garda Revolusi,” katanya.

Televisi pemerintah menayangkan beberapa senjata pada hari Jumat. Angkatan Laut menambahkan bahwa hanya 210 dari 2.654 sistem yang diperlihatkan karena tidak mungkin untuk mengungkap sistem strategis lainnya karena alasan keamanan.