Jumat 09 Aug 2024 21:18 WIB

Istri Ibarat Tulang Rusuk, Ini Wasiat Rasulullah Untuk Para Suami 

Wasiat yang baik adalah salah satu wasiat Rasulullah SAW untuk kaum laki-laki.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
ILUSTRASI Rasulullah SAW.
Foto: dok publicdomainpictures
ILUSTRASI Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW berwasiat kepada para suami agar menasehati istrinya dengan kebaikan. Sebab wanita atau istri ibarat tulang rusuk yang bengkok. 

اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنْ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضَّلَعِ أَعْلَاهُ فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرَتَهُ وَإِنْ تَرَكْتُهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ

Baca Juga

Abu Hurairah Radiyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Saling berwasiatlah kalian terhadap wanita. Sebab wanita itu diciptakan dari tulang rusuk. Sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika engkau berusaha meluruskannya, maka engkau akan memecahkannya dan jika engkau meninggalkannya, maka ia akan selalu bengkok. Maka, saling berwasiatlah kalian terhadap wanita." (HR Imam Al-Bukhari)

Wasiat yang baik adalah salah satu wasiat Rasulullah SAW untuk kaum laki-laki terhadap kaum wanita. Agar kaum laki-laki berbuat baik kepada kaum wanita. Banyak hadits yang sama maknanya dengan hadits di atas.