Jumat 09 Aug 2024 22:15 WIB

4 Peristiwa Masa Depan yang Disebutkan Alquran Ini Benar-benar Terjadi

Alquran mengabarkan sejumlah peristiwa masa depan

Red: Nashih Nashrullah
Alquran (ilustrasi). Alquran mengabarkan sejumlah peristiwa masa depan
Foto: ANTARA
Alquran (ilustrasi). Alquran mengabarkan sejumlah peristiwa masa depan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Alquran adalah mukjizat sepanjang masa. Di antara bentuk kemukjizatan Alquran adalah penginformasain peristiwa masa depan yang akhirnya terbukti.

Prof Raghib as-Sirjani, dalam al-I'jaz al-Ghaibi fi Al-Quran al-Karim, mengatakan Alquran telah menginformasikan peristiwa yang akan terjadi pada masa depan, lalu benar-benar terjadi, tidak berbeda atau berubah sedikitpun. “Ini tidak mungkin ada campur tangan manusia,” kata as-Sirjani.

Baca Juga

Berikut ini, contoh peristiwa masa depan yang dikabarkan Alquran dan benar-benar terjadi:

Pertama, kemenangan bangsa Romawi atas bangsa Persia

Salah satu contoh mukjizat yang ajaib dalam Alquran adalah firman Allah SWT tentang kemenangan Romawi atas Persia, dalam firman-Nya:

الم غُلِبَتِ الرُّومُ فِي أَدْنَى الْأَرْضِ وَهُمْ مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُون فِي بِضْعِ سِنِينَ ۗ لِلَّهِ الْأَمْرُ مِنْ قَبْلُ وَمِنْ بَعْدُ ۚ وَيَوْمَئِذٍ يَفْرَحُ الْمُؤْمِنُونَ بِنَصْرِ اللَّهِ ۚ يَنْصُرُ مَنْ يَشَاءُ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ

“Alif Laam Miim. Telah dikalahkan bangsa Rumawi di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang dalam beberapa tahun lagi. Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan di hari (kemenangan bangsa Rumawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman. Karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Dialah Mahaperkasa lagi Penyayang.” (QS Ar Rum: 1-5).

Asal mula kejadiannya adalah bahwa Persia, penyembah berhala, mengalahkan Romawi ahli kitab sehingga orang-orang kafir Makkah menyombongkan diri terhadap Nabi SAW dan para sahabatnya, maka Allah menurunkan ayat-ayat sebelumnya sebagai tantangan bagi orang-orang Arab dan kabar gembira bagi orang-orang mukmin, karena golongan orang beriman akan menang, tetapi yang menjadi perhatian kita adalah bahwa Alquran menceritakan peristiwa gaib yang penting, yang tak seorang pun dapat, pada waktu itu, mengubah atau mendustakannya.

Inilah salah satu warna mukjizat gaib yang dibawa oleh Alquran, yang menantang semua orang yang tidak mematuhinya atau mengingkari kebenarannya, dan terjadilah apa yang telah Allah beritahukan kepada kita, yaitu kemenangan bangsa Romawi atas bangsa Persia, dan itu terjadi pada saat Perang Badar.

Kedua, kemenangan kaum Muslim yang dipandang mustahil

photo
INFO GRAFIS Fakta Unik tentang Alquran - (Republika )

Salah satu ayat Alquran yang menandakan kemenangan kaum Muslimin yang lemah di Makkah atas musuh mereka dan berdirinya negara mereka adalah:

سَيُهْزَمُ الْجَمْعُ وَيُوَلُّونَ الدُّبُرَ

“Golongan itu pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang. “(QS al-Qamar: 45).

Ibnu Katsir -rahimahullah- menyebutkan dalam tafsirnya bahwa ketika ayat ini turun, "Umar berkata, "Golongan apakah yang akan dikalahkan, golongan apakah yang akan dikalahkan?" Umar berkata, "Ketika itu adalah hari Badar, aku melihat Rasulullah -ṣhallallāhu 'alaihi wa sallam- melompati perisai, lalu bersabda, "Golongan itu akan dikalahkan dan mereka akan berbalik.” Saat itu aku mengetahui maknanya.”.

Ketiga...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement