Sabtu 10 Aug 2024 06:46 WIB

Mahaka Tantang Transmedia di Final Media Turnamen Basket SML

Final kelompok media ini juga berstatus semifinal Turnamen SML.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Mahaka Royan membawa bola dalam laga melawan MNCN-MSIN
Foto: dok Jusraga
Pemain Mahaka Royan membawa bola dalam laga melawan MNCN-MSIN

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG -- Tim basket Mahaka akan menantang juara bertahan Transmedia pada babak semifinal Sinar Mas Land Journalist Basketball Tournament in Collaboration with Digital Hub 2024. Babak semifinal turnamen ini sekaligus sebagai final kelompok. Sebab, turnamen ini dibagi dua bagian peserta, yakni kelompok media dan Ecosystem Digital Hub.

Mahaka lolos ke semifinal turnamen setelah dalam laga Jumat (9/8/2024) di Lapangan Basket The Breeze Arena BSD City, Tangerang, mengalahkan MNCN-MSIN dengan skor 33-24. Sedangkan Transmedia mencatat kemenangan 40-18 atas Kompas Gramedia.

Pelatih tim Mahaka Muhamad Gofar mengaku bakal melawan tim yang didominasi pemain bagus. Untuk itu, Gofar berharap para asuhannya bermain lepas dengan defense dan offense yang makin diperkuat lagi.

“Nanti kami coba bermain lepas saja tetapi tetap dirapikan lagi dari defense dan offense. Coba bermain lebih tenang saja,” ujar Gofar.

“Setiap pemain harus istirahat dan recovery dari keletihan bermain selama empat hari beruntun. Mempertahankan kondisi fisik agar tidak kehabisan tenaga pada laga besok,” imbuhnya.

Transmedia sebagai juara Grup A sempat mendapat tekanan dari Kompas Gramedia yang menjadi runner up Grup B. Kendati tampil dengan materi pemain yang tidak lengkap, skuad asuhan pelatih Ali Budimansyah mampu keluar dari kesulitan membongkar pertahanan Kompas.

“Anak-anak tadi bermain lebih tenang walau dalam kondisi materi pemain tidak lengkap. Ini artinya permainan mereka masih sesuai dengan game plan yang ada,” ujar Budi usai bertanding.

Mengenai laga di semifinal, Budi meminta para asuhannya untuk berisitirahat mengingat pertandingan semakin ketat menuju babak final. “Nantinya berusaha tampil maksimal tanpa cedera,” kata Budi.

Dari pertandingan kelompok Ecosystem Digital Hub, tim basket runner up terbaik Shop Tokopedia secara mengejutkan mengalahkan juara Grup X Gojek 34-24 pada babak perempat final. Gojek adalah tim yang pernah menjadi finalis pada penyelenggaraan SMLBT 2019.

“Kekalahan di laga awal menjadi pelajaran untuk tim. Hasil hari merupakan kerja tim yang sangat maksimal,” ujar pelatih Shop Tokopedia, Frangki De Fretes usai pertandingan.

Pada babak semifinal, Tim Shop Tokopedia bakal berjumpa NTT Data yang sebelumnya menghentikan Purwadhika dengan skor 34-26.

Mengenai laga semifinal, Frangki menegaskan para asuhan siap bertanding melawan tim manapun. Dari catatan yang ada, Shop Tokopedia pernah dikalahkan NTT Data pada Rabu (7/8/2024). “Kami harus siap, main all out saja. Sudah tanggung sampai semifinal. Siapa pun lawannya, tidak boleh menganggap remeh seperti bermain di laga sebelumnya. Kalau semua sudah bagus dan Tuhan kasih rezeki, pasti menang,” kata Frangki.

Nantinya, pemenang final kelompok media dan final kelompok Ecosystem Digital Hub akan beradu pada final turnamen yang berlangsung Ahad (11/8/2024).

Ketua Panpel SMLBT 2024 Erly Bahtiar mengatakan, hingga menjelang semifinal laga berlangsung seru dengan tensi pertandingan yang semakin tinggi.

“Walaupun tensi pertandingan semakin tinggi karena memasuki babak semifinal turnamen dan menjelang final, tim peserta tetap menunjukkan sportivitas tinggi,” ujar Erly.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement