Sabtu 10 Aug 2024 10:24 WIB

Emas Indonesia Disindir, Ini Fakta Malaysia yang tak Pernah Dapat Emas Olimpiade

Raihan medali terbaik Malaysia yakni pada Rio de Janeiro 2016 dengan 4 perak.

Red: Teguh Firmansyah
Pebulu tangkis Malaysia Aaron Chia, kanan, dan Soh Wooi Yik
Foto: AP/Dita Alangkara
Pebulu tangkis Malaysia Aaron Chia, kanan, dan Soh Wooi Yik

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang netizen asal Malaysia menyindir kemampuan Indonesia yang dianggap hanya bisa meraih dua emas, padahal jumlah penduduknya 275 juta. Namun sindirin itu justru berbalik, karena Malaysia selama ikut gelaran Olimpide belum pernah mendapatkan emas. 

"Lagi malu ada 275 juta penduduk tapi ada 2 emas je. Betul-betul tak pandai cari talent ke apa?," ujar seorang netizen Malaysia yang tertulis di X berbasis di Selangor.

Baca Juga

Seperti dilansir Malay Mail, Malaysia telah berpartisipasi dalam Olimpiade sejak 1956. Malaysia baru merayakan medali pertama pada tahun 1992 lewat cabang bulu tangkis. Waktu itu badminton memulai menjalankan debutnya sebagai cabang olahraga resmi di Olimpiade Barcelona.

Sejak saat itu, atlet Malaysia secara konsisten menunjukkan pencapaian pada 2016 dengan menorehkan empat medali perak dan satu perunggu. Ini menandai perolehan medali tertinggi negara itu hingga saat ini.

Namun, pada Olimpiade berikutnya, atlet Malaysia menghadapi tantangan untuk mengulang kesuksesan mereka pada tahun 2016.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Malaysia hanya memperoleh satu perak dan satu perunggu, sangat kontras dengan kejayaan 2016. Pada Olimpiade Paris 2024, Malaysia baru memperoleh 2 medali perunggu dari cabang bulutangkis. 

Berikut jejak peroleh medali Malaysia 

Barcelona 1992

Medali: 1 medali perunggu

Medali perunggu di nomor bulu tangkis ganda putra diraih oleh Razif Sidek dan Jalani Sidek.

Atlanta 1996

Medali: 1 perunggu, 1 perak

Di nomor bulu tangkis, Cheah Soon Kit dan Yap Kim Hock meraih medali perunggu di nomor ganda putra, sementara Rashid Sidek meraih medali di nomor tunggal putra.

Beijing 2008

Medali: 1 perak, 1 Perunggu

Di London 2012, Lee Chong Wei meraih medali perak di nomor tunggal putra bulu tangkis, sementara Pandelela Rinong meraih perunggu di nomor loncat indah 10m putri.

Rio de Janeiro 2016

Medali: 4 perak, 1 perunggu

Pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Malaysia memperoleh medali perak di cabang bulu tangkis melalui Lee Chong Wei di tunggal putra, Goh V Shem dan Tan Wee Kiong di ganda putra, serta Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying di ganda campuran.

Pada cabang loncat indah, Cheong Jun Hoong dan Pandelela Rinong memperoleh perak di nomor 10m putri.

Selain itu, Muhammad Azizulhasni Awang memperoleh medali perunggu di nomor balap sepeda Keirin putra.

Tokyo 2020

Medali: 1 perak, 1 perunggu

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Malaysia memperoleh medali perak di cabang balap sepeda melalui Muhammad Azizulhasni Awang. Di bidang bulu tangkis, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik memperoleh medali perunggu di nomor ganda putra.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement