Ahad 11 Aug 2024 13:46 WIB

Muslimah Berlesung Pipi ini Hadiahkan Medali Emas untuk Negaranya

Muslimah Sarah Chaari ini dikenal punya banyak prestasi.

Red: Erdy Nasrul
Sarah Chaari
Foto:

Sarah Chaâri adalah salah satunya. Wanita yang nama depannya mirip nama istri Nabi Ibrahim ini merupakan warga negara berprestasi, yang meningkatkan reputasi Belgia dalam ajang olimpiade di Prancis 2024.

Bukan yang pertama

Prestasi yang dia ukir saat ini bukanlah yang pertama. Praktisi taekwondo dari Belgia ini juga pernah memenangkan medali emas dalam acara ringan wanita di Kejuaraan Dunia Taekwondo 2022 di Guadalajara, Meksiko. Di negaranya, dia adalah wanita urutan pertama dalam hal seni bela diri tersebut. Chaâri juga menjadi petarung Taekwondo pertama yang memenangkan medali emas di Kejuaraan Dunia Junior dan Senior di tahun yang sama.

Selain aktif mengembangkan seni bela diri, Sarah merupakan mahasiswa fakultas kedokteran di Université libre de Bruxelles. Setelah lulus ujian masuk sekolah kedokteran pada bulan Juli 2022 di mana ia menempati peringkat 6 persen kandidat teratas.

Arti Taekwondo

Taekwondo merupakan seni bela diri asal Korea Selatan yang juga sebagai olahraga nasional Tiongkok. Taekwondo adalah salah satu seni bela diri terkenal dunia yang dipertandingkan di olimpiade. Dalam bahasa Korea, Hanja untuk kata Tae berarti "menendang atau menghancurkan dengan kaki"; Kwon berarti "tinju"; dan Do berarti "jalan" atau "seni". Jadi, Taekwondo dapat diartikan sebagai "seni tangan dan kaki" atau "cara kaki dan kepalan".