Ahad 11 Aug 2024 10:05 WIB

Burdah, Bukti Cinta Imam Bushiri kepada Rasulullah

Ada kisah menarik di balik penyusunan kitab Burdah oleh Imam Bushiri.

Red: Hasanul Rizqa
ILUSTRASI Rasulullah SAW.
Foto: dok publicdomainpictures
ILUSTRASI Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kitab Burdah adalah salah satu karya sastra yang memuat syair puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Tiap baitnya penuh dengan makna yang mendalam.

Selain itu, susunan dan pilihan kata yang digunakan pun begitu indah. Burdah begitu populer dibaca di berbagai negara, seperti Yaman, Mesir, Maroko, Syiria dan Indonesia.

Baca Juga

Di Tanah Air, kepopuleran membaca Burdah mungkin tidak sebesar Diba dan Barzanji. Kendati demikian, sejumlah majelis ilmu, pondok pesantren dan masjid rutin mengistikomahkan pembacaan Burdah pada waktu-waktu tertentu.

Sejatinya, kitab ini berjudul lengkap Al-Kawakib ad-Duriyah fii Madhi Khairil Bariyah. Itu menjadi mahakarya seorang ulama besar asal Mesir, Syekh Syarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Zaid al-Bushiri atau lebih dikenal Imam Bushiri. Ia lahir pada Syawal 608 H atau 1212 M dan wafat pada 695 H atau 1296 M di Iskandariah atau Aleksandria.

Imam Bushiri sejak kecil sudah menyenangi syair. Ia banyak mempelajari agama dari seorang sufi besar, Abdul Abbas al-Mursi, yang merupakan penganut Tarekat Syadziliyah.

Kepiawaiannya dalam membuat syair-syair diakui oleh para pemimpin Mesir saat itu. Hingga kemudian, karena cintanya yang besar kepada Nabi Muhammad SAW, ia pun menyusun Burdah.

Ketika menggubah Burdah, Imam Bushiri sedang dalam keadaan sakit. Ia mengalami kekakuan tubuh atau stroke yang membuatnya sulit beraktivitas seperti biasa.

Walau demikian, hal itu yang memadamkan semangatnya untuk menyusun dan menyelesaikan Burdah. Hingga kemudian, kitab karyanya ini pun selesai disusunnya.

Ada kejadian luar biasa yang dialami Imam Bushiri ketika tuntas menyusun Burdah. Ia bermimpi didatangi Rasulullah SAW. Dalam mimpinya itu, Nabi SAW mengusap badannya.

Begitu bangun dari tidurnya, Imam Bushiri terkejut. Sebab, sakit stroke yang dideritanya selama ini seketika hilang. Ia sembuh dari penyakitnya itu. Bahkan, tubuhnya semakin segar bugar.

Kabar Imam Bushiri yang sembuh dari stroke usai menyusun Burdah pun menyebar luas ke berbagai penjuru. Tak terkecuali para penguasa di Mesir pada saat itu.

Mereka berharap, dengan membaca Burdah yang berisi pujian-pujian kepada Rasulullah SAw, maka Allah menurunkan rahmat-Nya. Dengan begitu, orang-orang yang membacanya sembuh dari penyakit yang diderita. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاِنْ حَاۤجُّوْكَ فَقُلْ اَسْلَمْتُ وَجْهِيَ لِلّٰهِ وَمَنِ اتَّبَعَنِ ۗوَقُلْ لِّلَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْاُمِّيّٖنَ ءَاَسْلَمْتُمْ ۗ فَاِنْ اَسْلَمُوْا فَقَدِ اهْتَدَوْا ۚ وَاِنْ تَوَلَّوْا فَاِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلٰغُ ۗ وَاللّٰهُ بَصِيْرٌۢ بِالْعِبَادِ ࣖ
Kemudian jika mereka membantah engkau (Muhammad) katakanlah, “Aku berserah diri kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku.” Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Kitab dan kepada orang-orang buta huruf, ”Sudahkah kamu masuk Islam?” Jika mereka masuk Islam, berarti mereka telah mendapat petunjuk, tetapi jika mereka berpaling, maka kewajibanmu hanyalah menyampaikan. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.

(QS. Ali 'Imran ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement