Ahad 11 Aug 2024 11:10 WIB

Goweser Antuasias Ikuti Go West ESG Republika di Bandung

Rute Go West ESG Republika dimulai dari halaman parkir barat Gedung Sate.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Qommarria Rostanti
Peserta mengikuti kegiatan Fun Bike Sehati untuk Bumi yang di gelar di Bandung, Jawa Barat, Ahad (11/8/2024). Republika menggelar kegiatan Fun Bike Sehati untuk Bumi yang diikuti oleh lebih dari 200 pesepeda yang merupakan aksi nyata dalam upaya mengurangi jejak karbon untuk keselamatan dan kelestarian bumi. Selain itu, kegiatan tersebut dalam rangka menyemarakan HUT ke-79 Jawa Barat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Peserta mengikuti kegiatan Fun Bike Sehati untuk Bumi yang di gelar di Bandung, Jawa Barat, Ahad (11/8/2024). Republika menggelar kegiatan Fun Bike Sehati untuk Bumi yang diikuti oleh lebih dari 200 pesepeda yang merupakan aksi nyata dalam upaya mengurangi jejak karbon untuk keselamatan dan kelestarian bumi. Selain itu, kegiatan tersebut dalam rangka menyemarakan HUT ke-79 Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ratusan goweser dari Bandung Raya hingga Kabupaten Garut antusias mengikuti acara Go West ESG Republika yang digelar di halaman parkir Gedung Sate, Kota Bandung, Ahad (11/8/2024). Selain mencari sehat, mereka pun ingin menjalin silaturahim dengan antar-goweser.

Para goweser berkumpul di halaman parkir Barat Gedung Sate, Kota Bandung. Sekitar pukul 08.00 WIB, para goweser mulai berangkat gowes ditandai pengibaran bendera start acara oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jabar Asep Sukmana.

Baca Juga

Rute gowes dimulai dari halaman parkir barat Gedung Sate ke Jalan Banda, Jalan LLRE Martadinata, Jalan Merdeka, Jalan Veteran, Jalan Tamblong, Jalan Asia Afrika, Jalan Otista, Jalan BKR. Jalan Moh Ramdan, Jalan Karapitan, Jalan Sunda, Jalan Sumbawa, Jalan Aceh, Jalan Banda dan finish di Gedung Sate. Kurang lebih para goweser menuntaskan perjalanan 30 menit.

Salah seorang peserta gowes dari komunitas paguyuban baheula Bandung Ali S mengaku senang bisa terlibat dalam acara gowes Republika. Sebanyak 25 orang anggota dilibatkan dalam acara gowes tersebut. "Pengalaman ini ketiga kali ikut acara Republika, sangat baik ya dari pengaturan panitia, sampai gowes yang saya alami baik," ucap dia, Ahad (11/8/2024).

Ia mengatakan komunitasnya rutin melakukan gowes untuk kesehatan dan silaturahim. Total 11 kilometer yang dilintasi di acara Go West Republika pun dianggap ringan.

Salah seorang peserta lain Asep AS (61 tahun) dari komunitas Boseh Batujajar mengatakan datang ke acara Go West Republika untuk bersilaturahim dengan sesama goweser. Selain untuk mencari sehat.

Ia mengatakan komunitas Boseh kali pertama mengikuti acara Go West Republika. Ke depan ia berharap acara serupa terus dilakukan.

Dede Mulyana ketua Ngador komunitas sepeda dari Garut merasa senang dan antusias mengikuti Go West Republika. Ia mengaku bisa bersilaturahim dan bertemu dengan goweser lain.

Tidak hanya itu, ia bersama 20-an goweser berharap bisa membawa pulang doorprize dari Republika. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat Asep Sukmana mengatakan Go West ESG yang diadakan oleh Republika merupakan kado ulang tahun bagi Provinsi Jawa Barat ke 79. Ia pun mengapresiasi acara Go West yang dikaitkan dengan isu lingkungan.

"Terima kasih ini menjadi kado ulang tahun Jabar, gowes ini juga hebat selain gowes bumi ikut sehat dan asri serta lestari," kata dia.

Direktur PT Republika Media Mandiri Nur Hasan Murtiaji mengatakan Go West Republika keempat merupakan kado ulang tahun bagi Jawa Barat ke 79. Pihaknya berkolaborasi dengan Pemprov Jabar dan Bank BJB serta sponsor lainnya.

Selain itu, pihaknya mendorong hutan wakaf agar hutan lebih lestari dan berdaya serta sejumlah inovasi lainnya yaitu ramah karbon. Sejumlah pihak yang turut mendukung acara yaitu Volta, Perhutani, Eiger, Palawi, Bank BJB Syariah, Rumah Zakat, air mineral Bisto, rupa rupa rumahnya rumah. Truclimate, Ace Hardware, Dispora Provinsi Jabar, Rumah Wakaf dan PT Kereta Api Indonesia. Kegiatan gowes bagian dari program Sehati untuk Bumi dan berkolaborasi di hari ulang tahun Jabar ke 79.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement