Ahad 11 Aug 2024 11:12 WIB

'Go West ESG Republika' Kampanyekan Wakaf Hutan, Sehati untuk Bumi

Di samping acara gowes fun bike, Republika pun mengampanyekan tentang wakaf hutan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Mas Alamil Huda
Peserta mengikuti kegiatan Fun Bike Sehati untuk Bumi yang di gelar di Bandung, Jawa Barat, Ahad (11/8/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Peserta mengikuti kegiatan Fun Bike Sehati untuk Bumi yang di gelar di Bandung, Jawa Barat, Ahad (11/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Ratusan goweser atau pesepeda mengikuti acara 'Go West ESG Republika' yang digelar di halaman parkir barat Gedung Sate, Kota Bandung, Ahad (11/8/2024). Mereka datang dari berbagai wilayah di Bandung Raya dan Kabupaten Garut.

Di samping acara gowes fun bike, Republika pun mengampanyekan tentang wakaf hutan dan ramah karbon kepada goweser. Mereka diajak untuk mengetahui lebih banyak tentang wakaf hutan.

Baca Juga

Direktur PT Republika Media Mandiri Hasan Nur Murtiaji mengatakan, Go West Republika digelar untuk yang ke empat kali berkolaborasi dengan Pemprov Jabar dan Bank BJB. Selain itu, gowes bagian dari rangkaian ulang tahun Pemprov Jabar ke 79.

"Gowes di Bandung ada spesial terkait wakaf hutan, dari gowes ini kita jadikan untuk kontribusi terhadap wakaf hutan atau hutan wakaf," ucap Nur Hasan Murtiaji di sela-sela acara, Ahad (11/8/2024).

Nur Hasan Murtiaji melanjutkan, Republika telah bekerja sama dengan yayasan wakaf hutan di Desa Cibunian, Kabupaten Bogor, Jabar. Diharapkan hutan tetap lestari dan berdaya secara ekonomi, ekologi, dan edukasi.

"Memang wakaf hutan kampanye kita di tahun 2024, ada hutan wakaf republika.co.id bisa menyumbang dalam bentuk uang. Uang itu digunakan memperluas area hutan wakaf tanah di Cibunian Bogor dan pemberdayaan masyarakat," kata dia.

Ia menyebut kondisi di Cibunian sering terjadi longsor dan terjadi alih fungsi lahan. Dengan wakaf hutan, maka diharapkan tidak terjadi alih fungsi lahan dan ke depan ditanami oleh tanaman keras.

Selain wakaf hutan, Nur Hasan Murtiaji mengatakan, program wakaf hutan akan terus dikembangkan dan diduplikasi di tempat lain. Ia menyebut sejumlah tempat sudah melakukan gerakan wakaf hutan seperti di Aceh dan Jawa Timur.

"Wakaf itu tidak hanya wakaf masjid, makam (tanah), atau madrasah," ungkap dia.

Tidak hanya itu, pihaknya mengampanyekan ramah karbon dengan menghitung tingkat eliminasi karbon dari acara gowes. Penghitungan dilakukan oleh Truclimate dengan harapan karbon berkurang akan menjaga dan merawat bumi tetap lestari.

Nur Hasan Murtiaji mengatakan, Republika merupakan media satu-satunya yang memiliki program dan kampanye tentang wakaf hutan. Tujuannya masyarakat teredukasi tentang wakaf hutan.

Rute gowes dimulai dari halaman parkir barat Gedung Sate ke Jalan Banda, Jalan LLRE Martadinata, Jalan Merdeka, Jalan Veteran, Jalan Tamblong, Jalan Asia Afrika, Jalan Otista, Jalan BKR. Jalan Moh Ramdan, Jalan Karapitan, Jalan Sunda, Jalan Sumbawa, Jalan Aceh, Jalan Banda dan finish di Gedung Sate.

Sejumlah pihak yang turut mendukung acara yaitu Volta, Perhutani, Eiger, Palawi, Bank BJB Syariah, Rumah Zakat, air mineral Bisto, rupa rupa rumahnya rumah. Truclimate, Ace Hardware, Dispora Provinsi Jabar, Rumah Wakaf, dan PT Kereta Api Indonesia.

Doorprize yang diberikan mulai dari tiga unit sepeda, helm sepeda, serta barang-barang lainnya. Serta sepeda motor listrik dari Volta.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement