Ahad 11 Aug 2024 15:31 WIB

Terintegrasi, Stasiun Cikarang Layani KRL Hingga Kereta Api Jarak Jauh

Volume penumpang KA jarak jauh naik atau berangkat cukup meningkat.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Seorang Masinis KRL bersiap memasuki ruang kemudi kereta di Stasiun Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2023).
Foto: ANTARA FOTO/M Mardiansyah Al Afghani
Seorang Masinis KRL bersiap memasuki ruang kemudi kereta di Stasiun Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta memberikan pelayanan dan menyajikan layanan yang terus berkembang dan berkelanjutan pada pengguna jasa angkutan kereta api. Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, hal tersebut dilakukan karena meningkatnya permintaan pelanggan terhadap jasa angkutan Kereta Api (KA) mulai dari Kereta Api lokal, Kereta api Rel Listrik (KRL), sampai dengan Kereta Api jarak jauh dan juga semakin tingginya ekspektasi pelanggan terhadap layanan fasilitas yang diberikan.

"Salah satunya pada Stasiun Cikarang, di mana pada Stasiun Cikarang merupakan stasiun yang memiliki integrasi angkutan kereta api yang lebih lengkap di antara stasiun lainnya," ujar Ixfan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (11/8/2024).

Baca Juga

Ixfan menyampaikan, layanan transportasi yang ada di Stasiun Cikarang yaitu, KA lokal terdapat 14 perjalanan, termasuk keberangkatan dan kedatangan (sementara 12 perjalanan), KRL terdapat 77 perjalanan termasuk keberangkatan dan kedatangan, dan KA jarak jauh 39 perjalanan termasuk keberangkatan dan kedatangan. Menurut Ixfan, sebanyak 3.337.094 penumpang berangkat, sedangkan volume penumpang datang atau turun di Stasiun Cikarang sebanyak 3.294.002 penumpang, jika diakumulasi selama periode tersebut telah melayani sebanyak 7.755.558 penumpang KRL.

"Untuk penumpang KA Lokal naik atau berangkat dari Stasiun Cikarang sebanyak 983.392 penumpang, sedangkan volume penumpang datang atau turun di Stasiun Cikarang sebanyak 1.025.551 penumpang, jika diakumulasi selama periode tersebut telah melayani sebanyak 2.008.943 penumpang KA Lokal," ucap Ixfan.

Tak hanya KA Lokal dan KRL, Ixfan menyebut, volume penumpang KA jarak jauh naik atau berangkat cukup meningkat. Dari Stasiun Cikarang sebanyak 189.874 penumpang yang berangkat sedangkan volume penumpang datang atau turun di Stasiun Cikarang sebanyak 153.886 penumpang.

"Jika diakumulasi selama periode tersebut telah melayani sebanyak 398.610 penumpang KA jarak jauh," sambung Ixfan.

Dengan berbagai segmen penumpang yang ada di Stasiun Cikarang, Ixfan menyampaikan KAI Daop 1 Jakarta selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanannya, dan juga telah berkolaborasi dengan kementerian perhubungan. Dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Jakarta, adapun fasilitas penunjang yang telah tersedia antara lain Eskalator, Lift, Toilet (termasuk toilet difabel), Mushala, kursi penumpang (200 unit), ruang Pos Kesehatan (POSKES), ruang laktasi, ruang pengamanan, dan taman bermain anak.

"Kemudian untuk angkutan purnalanjutan bagi pelanggan yang akan menggunakan transportasi umum bisa menuju Terminal Cikarang yang berjarak 4,3 kilometer atau hanya butuh waktu 10 menit dari Stasiun Cikarang menuju Terminal Cikarang Kalijaya," lanjut Ixfan.

Ixfan menyampaikan penumpang tidak perlu jauh-jauh ke Stasiun Gambir maupun ke Stasiun Pasarsenen untuk naik KA tujuan bandung maupun ke beberapa daerah di Jawa.

"Bagi yang berada di luar wilayah Cikarang dapat memanfaatkan KRL atau KA lokal yang tersedia disamping efisien biaya, juga efisien waktu karena pelanggan tidak terjebak kemacetan dijalan raya," kata Ixfan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement