Ahad 11 Aug 2024 22:20 WIB

Tingkatkan Kualitas, Universitas BSI Kampus Yogyakarta Latih Dosen Jadi Ahli Data

Pelatihan ini membantu dosen memperdalam keterampilan pengolahan data.

Red: Ahmad Fikri Noor
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan Python pada hari Kamis, 25 Juli 2024, yang dihadiri oleh dosen Program Studi Sistem Informasi Kampus Yogyakarta.
Foto: Universitas BSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan Python pada hari Kamis, 25 Juli 2024, yang dihadiri oleh dosen Program Studi Sistem Informasi Kampus Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Data science telah menjadi salah satu bidang yang paling penting dan berkembang pesat di era digital ini. Hal itu menawarkan berbagai peluang untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi di berbagai sektor. Menyadari pentingnya keterampilan dalam data science, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan Python pada hari Kamis, 25 Juli 2024, yang dihadiri oleh dosen Program Studi Sistem Informasi Kampus Yogyakarta.

Kegiatan ini bertemakan “Peningkatan Kualitas Penelitian Melalui Pelatihan Python” dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen, khususnya di bidang data science. Pelatihan ini membantu dosen memperdalam keterampilan mereka dalam pengolahan dan visualisasi data menggunakan bahasa pemrograman Python.

Baca Juga

Acara ini merupakan salah satu upaya perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas akademik dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung riset yang berkualitas. Menghadirkan Anik Andriani sebagai narasumber utama, Ia memperkenalkan berbagai teknik pengolahan data menggunakan Python, mulai dari import library hingga pengolahan data.

"Python tidak hanya populer karena kemudahan penggunaannya, tetapi juga karena ekosistem yang luas dengan banyak pustaka dan alat bantu khusus untuk pengolahan dan visualisasi data, seperti Pandas, NumPy, Matplotlib, dan Seaborn," jelas Anik dalam rilis yang diterima, Senin (29/7/2024).