Ahad 11 Aug 2024 23:28 WIB

Fakta Menarik Blackpink yang Mungkin Belum Diketahui Penggemar

Selama delapan tahun terakhir, Blackpink telah mencatatkan berbagai prestasi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Blackpink. Ada beberapa fakta menarik Blackpink yang mungkin belum diketahui penggemarnya.
Foto: Victoria Jones/Pool Photo via AP
Blackpink. Ada beberapa fakta menarik Blackpink yang mungkin belum diketahui penggemarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Grup K-pop Blackpink beranggotakan Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa baru saja merayakan ulang tahun ke-8 sejak debut mereka pada 8 Agustus 2016. Selama delapan tahun terakhir, Blackpink telah mencatatkan berbagai prestasi dan mengukuhkan posisi mereka sebagai salah satu grup perempuan paling berpengaruh di dunia.

Berikut ini enam fakta menarik mengenai perjalanan karier Blackpink, seperti dilansir Brandwatch, Kamis (8/8/2024):

Baca Juga

1. Raih penghargaan dan pecahkan rekor

Sejak debut mereka pada Agustus 2016, setidaknya mereka telah mengumpulkan 106 penghargaan dan 339 nominasi. Blackpink adalah grup K-pop wanita pertama yang memenangkan VMA (MTV Video Music Award) dan grup K-pop wanita pertama yang memuncaki Billboard 200.

Mereka juga merupakan grup K-pop pertama yang mencapai 1 miliar penayangan di YouTube untuk video musik "Ddu-Du Ddu-Du". Selain itu mereka juga berhasil merebut tiga gelar Guinness World Records dari BTS dengan video musik untuk lagu "How You Like That". 

2. Selalu jadi perbincangan online

Menurut analisa Brandwatch, sejak debut mereka pada Agustus 2016 hingga Mei 2024, ada lebih dari 423 juta mentions tentang grup ini dan hampir 13,4 juta warganet membicarakan mereka. Itu berarti sekitar 148 ribu mention per hari.

Brandwatch mencatat lima negara teratas yang paling banyak membicarakan girlband ini secara online. Negara yang dimaksud adalah Thailand, Filipina, Amerika Serikat, Indonesia, dan Korea Selatan.

3. Tur dunia Born Pink memecahkan rekor

“Born Pink World Tour” adalah tur dunia kedua Blackpink untuk mempromosikan album kedua mereka dengan nama yang sama. Mereka menampilkan 66 pertunjukan yang mengesankan di 22 negara. Tur ini sangat sukses sehingga memecahkan dua rekor. Pertama rekor sebagai tur girlband terlaris di Oseania. Kedua, pertunjukan mereka pada bulan Agustus 2023 di Las Vegas tercatat sebagai vocal concert dengan pendapatan tertinggi dalam sejarah.

4. Tagar #blackpink paling banyak dipakai di media sosial

Hashtag adalah cara yang bagus untuk meningkatkan peluang sebuah postingan menjadi viral dan untuk menemukan penggemar lain yang menggunakan tagar yang sama. Tidak mengherankan jika tagar #blackpink merupakan tagar yang paling banyak digunakan dalam percakapan online Blackpink selama dua belas bulan terakhir. Di tempat kedua adalah ejaan bahasa Korea untuk Blackpink.

Dengan album Born Pink, mereka memulai debutnya di posisi pertama di tangga album Billboard 200, sesuatu yang belum pernah dicapai oleh grup beranggotakan perempuan selama lebih dari satu dekade. Mereka memecahkan rekor pada hari perilisan dengan penjualan lebih dari 1 juta kopi.

5. Lisa jadi member Blackpink yang paling banyak disebut secara online 

Penggemar Blackpink tidak hanya suka membicarakan tentang band ini sebagai sebuah grup, tapi mereka juga suka menunjukkan penampilan dan pencapaian masing-masing anggota band. Dan tidak ada member lain yang disebut-sebut sebanyak Lisa.

Dari semua postingan online sejak tahun 2016 yang menyebutkan setidaknya satu nama anggota Blackpink, 42 persen di antaranya membicarakan Lisa. Itu adalah angka yang mengesankan.   

6. Jadi headliner Coachella  

Coachella adalah salah satu festival musik paling populer di dunia. Tahun 2023 bukanlah pertama kalinya Blackpink tampil di festival ini. Pada tahun 2019, mereka menjadi grup K-pop wanita pertama yang tampil di Coachella, dan pada tahun 2023, mereka tidak hanya tampil di sana, tetapi juga menjadi penampil utama.

Hal ini membuat mereka menjadi band K-pop pertama yang melakukannya. Ini adalah pertunjukan langsung yang paling banyak disiarkan di YouTube dalam sejarah Coachella dengan 250 juta penonton.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement