Senin 12 Aug 2024 06:48 WIB

Erick Thohir Bertemu Presiden IOC, Bahas Potensi Indonesia Gelar Olimpiade

Indonesia menyatakan minat menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Red: Israr Itah
IOC Member Erick Thohir (kanan) bersama Presiden IOC Thomas Bach di Paris,
Foto: Instagram Erick Thohir
IOC Member Erick Thohir (kanan) bersama Presiden IOC Thomas Bach di Paris,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erick Thohir kembali memanfaatkan waktunya untuk menjalin pertemuan dengan tokoh-tokoh olahraga dunia di Paris di menjelang penutupan Olimpiade 2024. Terbaru, ia berdiskusi dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach pada Sabtu (10/8/2024). Salah satunya membahas potensi Indonesia menjadi tuan rumah event olahraga internasional seperti Olimpiade.

Dengan statusnya sebagai salah satu IOC Member, Erick dengan mudah menjalin komunikasi dengan Bach. Terlebih dua pekan lalu, sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini mendampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Bach di Hotel Du Collectionneur, Paris pada Sabtu, 27 Juli 2024. Dalam pertemuan itu, turut serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Baca Juga

Pertemuan dua pekan lalu itu yang kini ditindaklanjuti oleh Erick. Apalagi Indonesia sudah menyatakan niat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, bersaing dengan India, Mesir, Qatar, dan Turki yang juga sudah menyatakan tekad serupa.

Erick menyebut Indonesia memiliki potensi menjadi tuan rumah event olahraga internasional, termasuk Olimpiade. “Kita sudah membuktikan mampu menyelenggarakan berbagai event internasional dengan sangat baik, seperti Asian Games 2018, Piala Dunia Basket FIBA 2023, dan terakhir, Piala Dunia U-17 FIFA 2023,” kata Erick via Instagram, Ahad (11/8/2024).