Senin 12 Aug 2024 08:26 WIB

Hujan Masih Berpotensi Terjadi di Sebagian Jabar Sepekan ke Depan, Waspadai Angin Kencang

Waspada terhadap hujan lebat dan disertai angin kencang dan petir dengan skala lokal

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas mengukur curah hujan menggunakan alat penakar hujan di halaman Kantor BMKG Bandung, Bandung, Jawa Barat
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas mengukur curah hujan menggunakan alat penakar hujan di halaman Kantor BMKG Bandung, Bandung, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan potensi hujan masih dapat terjadi di sebagian wilayah di Jawa Barat (Jabar) sepekan ke depan. Oleh karena itu, diimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca yang terjadi.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, sepekan ke depan diprediksi masih terdapat faktor pembentukan awan dan atau terjadi hujan di sebagian Jabar. Beberapa di antaranya yaitu suhu muka laut di perairan Indonesia bagian barat yang hangat mendukung penambahan suplai uap air. "Diperkirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat," ujar Teguh melalui keterangan resmi, Senin (12/8/2024).

Baca Juga

Ia menuturkan potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dapat terjadi dalam skala lokal dan singkat. Potensi hujan tersebut dapat terjadi di wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi pada Senin (12/8/2024).

Sedangkan Jumat (16/8/2024) di Bogor dan Sukabumi dan Sabtu (17/8/2024) di Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Kabupaten Bandung. Masyarakat diimbau untuk mengenali potensi bencana di daerah masing-masing dan mengurangi risiko bencana. "Jangan membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan," kata dia.