Senin 12 Aug 2024 09:26 WIB

Timnas Sepakbola Palestina Pilih Malaysia Jadi Kandang Sementara

Indonesia ikut menawarkan diri jadi kandang Timnas Palestina.

Red: Fitriyan Zamzami
Pemain Timnas Palestina saat melawan Indonesia dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain Timnas Palestina saat melawan Indonesia dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA – Malaysia akan jadi kandang sementara Tim Nasional Sepakbola Palestina pada pertandingan babak ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Keputusan ini diambil setelah federasi sepak bola dunia (FIFA) menolak pertandingan kandang Palestina dilangsungkan di wilayah Palestina.

Setelah melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia, tim Palestina mengusulkan untuk mengadakan pertandingan di kandang sendiri di Al Ram. Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) mengumumkan bahwa FIFA telah menolak permintaannya untuk menjadi tuan rumah pertandingan putaran ketiga dan terakhir kualifikasi Piala Dunia 2026, yang dimulai pada bulan September karena perang yang sedang berlangsung di Gaza.

Baca Juga

“Asosiasi Sepak Bola Palestina telah menerima pesan dari FIFA mengenai pertandingan kandang kami untuk tahap kualifikasi ketiga dan terakhir Piala Dunia, yang memberi tahu kami bahwa kami tidak akan memainkan pertandingan kandang kami di Palestina.” kata PFA dalam sebuah pernyataan dilansor Doha News, pekan lalu.

“Kami telah lama membela hak kami untuk memainkan pertandingan-pertandingan ini di negara kami, menegaskan kembali komitmen kami kepada para pemain, penggemar, dan semangat sepak bola, terutama mengingat keadaan yang dihadapi rakyat kami saat ini, termasuk genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza dan pendudukan ilegal. Palestina,” tambah pernyataan itu.

Sebaliknya, PFA mengumumkan bahwa Malaysia telah dipilih sebagai tempat pertandingan antara tim nasional dan Yordania, yang dijadwalkan pada 10 September. Dalam pernyataannya, PFA mengucapkan terima kasih kepada beberapa negara Teluk termasuk Qatar, atas tawaran mereka menjadi tuan rumah pertandingan tersebut.

Namun, mereka memilih Malaysia karena kedekatan geografisnya dengan tempat laga pembuka timnas melawan Korea Selatan pada 5 September. “Mengingat kenyataan ini, kami memutuskan untuk memainkan pertandingan kandang pertama kami melawan Yordania pada 10 September di Malaysia. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada negara-negara yang menawarkan untuk menjadi tuan rumah pertandingan kandang kami, termasuk Arab Saudi, Yordania, Kuwait, Aljazair, Malaysia, Indonesia, dan Qatar. Dukungan mereka menunjukkan solidaritas yang kuat dan persahabatan yang mendalam dengan rakyat Palestina,” tambah pernyataan itu.

“Kami meminta maaf kepada fans kami karena tidak bisa memainkan pertandingan kandang kami di Palestina dan kami berharap dapat menemukan formula terbaik yang memungkinkan orang-orang kami mendukung tim nasional kami,” tambah pernyataan itu. “Kami berkomitmen untuk terus memperjuangkan hak kami untuk bermain di Yerusalem. Kami percaya ini adalah hak kami dan hak penggemar kami untuk mendukung tim mereka dan membuat sejarah bersama.”

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dalam pernyataannya pada Kamis (8/8/2024) mengiyakan keputusan itu. The Star melaporkan, keputusan tersebut diambil setelah diskusi antara presiden FAM Datuk Hamidin Mohd Amin dan PFA baru-baru ini.

“Setelah berdiskusi, tercapai kesepakatan antara FAM dan PFA dimana Datuk Hamidin yang juga anggota Dewan FIFA setuju untuk menawarkan tempat netral di Malaysia dan dipilihlah Stadion Sepak Bola Kuala Lumpur,” kata FAM. FAM sekaligus menggambarkan suatu kehormatan besar bagi Malaysia menjadi satu-satunya negara yang dipercaya Palestina menjadi tempat netral bagi timnasnya. FAM juga akan memberikan dukungan dan bantuan penuh kepada PFA selama timnas Palestina berada di Tanah Air.

Bulan lalu, tim Palestina mencetak sejarah dengan melaju ke babak ketiga kualifikasi kontinental untuk pertama kalinya. Karena perang genosida yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, mereka memainkan pertandingan kandangnya di Kuwait dan Qatar. “Bermain di tempat netral tidaklah permanen dan tidak pernah dimaksudkan untuk itu, jadi Faisal Al-Husseini siap menjadi tuan rumah.”

Susan Shabali, wakil presiden PFA, mengatakan kepada The Associated Press. Stadion Internasional Faisal Al-Husseini, dengan kapasitas 12.500 orang, terletak di kota Al Ram, Tepi Barat. Pada tahun 2019, stadion ini menjadi tuan rumah pertandingan kandang kompetitif terbaru tim, kualifikasi Piala Dunia melawan Arab Saudi yang berakhir imbang 0-0.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement