Senin 12 Aug 2024 13:25 WIB

LIKE 2024: PLN Bangun Ekonomi Kerakyatan Lewat Program Co-Firing Biomassa

PLN telah mengembangkan biomassa sebagai bahan baku substitusi.

Red: Ahmad Fikri Noor
Pengunjung Festival LIKE mengunjungi booth PLN untuk mendengar penjelasan mengenai proses co-firing PLTU menggunakan biomassa.
Foto: PLN
Pengunjung Festival LIKE mengunjungi booth PLN untuk mendengar penjelasan mengenai proses co-firing PLTU menggunakan biomassa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) berpartisipasi aktif dalam gelaran Festival LIKE 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta Convention Center, Jumat (9/8/2024). Pada gelaran ini PLN menampilkan showcase akselerasi ekonomi kerakyatan dalam transisi energi lewat pemanfaatan biomassa dalam program co-firing di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa lewat program co-firing, PLN mendorong terciptanya ekosistem kerakyatan karena masyarakat juga diajak terlibat aktif dalam penyediaan bahan baku biomassa untuk co-firing.

Baca Juga

"Program co-firing tidak hanya menjadi program transisi energi, namun juga akan menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap Darmawan.

PLN telah mengembangkan biomassa sebagai bahan baku substitusi pengganti batu bara untuk PLTU. Ekosistem penyediaan biomassa ini telah dibangun secara end to end berbasis keterlibatan masyarakat.