Senin 12 Aug 2024 19:13 WIB

Bagaimana Nasib Pencalonan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta Usai Airlangga Mundur?

Golkar mengajukan proposal Ridwan Kamil sebagai cagub Jakarta ke semua parpol.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil (kanan) dan Jusuf Hamka (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan usai menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8/2024). Dalam pertemuan tersebut Airlangga memberikan restu kepada Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jakarta, sementara Jusuf Hamka akan menjadi bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat.
Foto:

Pada Kamis (8/8/2024) malam, Ridwan Kamil bertandang langsung ke rumah dinas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kompleks Menteri Widya Chandra di Jaksel, untuk menentukan nasib politiknya di Pilkada 2024.

Kepada wartawan, Ridwan Kamil menyampaikan, Airlangga, yang saat itu masih menjadi ketua umum Partai Golkar, memang menyampaikan langsung melalui lisan, perihal keputusannya internal partainya untuk melajukan Ridwan Kamil dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Kalau urusan saya, saya sampaikan barusan terkonfirmasi walaupun belum resmi, yang resmi kan nanti ditempat yang proper bahwa saya tadi diminta secara resmi untuk maju sebagai gubernur daerah khusus Jakarta dari Partai Golkar. Jadi informalnya begitu,” ujar Ridwan Kamil.

Adapun keputusan formal yang tertulis dari Partai Golkar, kata Ridwan Kamil, baru akan diumumkan setelah adanya calon wakil gubernur yang disepakati oleh partai-partai koalisi pengusung. “Formalnya kapan, kesepakatan dari koalisi adalah pengumuman harus berbarengan dengan terpilihnya calon wakil,” sambung Ridwan Kamil.