Selasa 13 Aug 2024 10:41 WIB

Bernama Ulas 'Kuda Tua' Biang Keladi Kegagalan Malaysia Raih Emas Olimpiade, Perlu Tiru RI

Pengamat olahraga di Malaysia menilai perlu menjadikan Indonesia sebagai contoh.

Rep: Andri/ Red: Andri Saubani
Bendera Malaysia (ilustrasi)
Foto:

Jika Malaysia pulang dari Paris tanpa medali emas, kontingen Indonesia berhasil membawa pulang dua emas dan satu perunggu. Adapun, para peraih medali Olimpiade Paris 2024 dari kontingen Indonesia adalah Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi) yang masing-masing membawa satu medali emas dan Gregoria Mariska Tunjung (bulu tangkis) dengan medali perunggu.

Wakil Bendahara II Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) Richard Sam Bera juga mengapresiasi perjuangan para atlet yang berjuang di panggung Olimpiade Paris 2024. “Hasil ini perlu disyukuri, bahwa apa yang diperjuangkan dapat menghasilkan medali, dan harapannya menjadi batu loncatan untuk prestasi yang lebih tinggi ke depannya,” kata Richard dikutip Antara, akhir pekan lalu.

Ia pun berharap federasi, atlet, dan seluruh pihak terkait dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi menjelang Olimpiade Los Angeles 2028 melalui sejumlah ajang atau kejuaraan penting lainnya dalam waktu dekat.

“Merujuk pada Olimpiade LA 2028 itu tidak jauh lagi, dan persiapannya harus dari sekarang. Turnamen-turnamen lain sudah menanti seperti SEA Games, Asian Games, dan lainnya. Semua pihak (diharapkan) bisa mempersiapkan diri untuk berikutnya,” ujarnya menambahkan.