Selasa 13 Aug 2024 13:55 WIB

Doa Saat Terjadi Gempa Megathrust

Gempa Megathrust merupakan gempa bumi yang berasal dari zona megathrust.

Red: Muhammad Hafil
Bencana gempa megathrust (ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Bencana gempa megathrust (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Gempa Megathrust merupakan gempa bumi yang berasal dari zona megathrust. Kata "Mega" itu artinya besar, sedangkan kata "Thrust" itu artinya sesar sungkup. Letaknya itu di perbatasan pertemuan continental crust (kerak benua) dan oceanic crust (kerak samudra).

Dilansir dalam buku Peta Sumber dan Bahaya Gempabumi Indonesia tahun 2017, berdasarkan hasil kajian para pakar gempa bumi, zona tumbukan antara Lempeng Indo-Australia dan Eurasia, yang menunjam masuk ke bawah Pulau Jawa disebut sebagai zona megathrust. Gempa bumi pada lajur atau zona megathrust disebut juga gempa bumi interplate.

Baca Juga

Zona megathrust diistilahkan untuk menyebutkan sumber gempa tumbukan lempeng di kedalaman dangkal. Dalam hal ini, lempeng samudra yang menunjam ke bawah lempeng benua membentuk medan tegangan (stress) pada bidang kontak antar lempeng yang kemudian dapat bergeser secara tiba-tiba memicu gempa.

Sebagai umat Islam, dianjurkan untuk membaca doa ketika terjadi gempa bumi, termasuk gempa Megathrust. Memohon perlindungan Allah, dzat yang maha berkehendak atas apa-apa yang terjadi di muka bumi. Dikutip dari buku Tadabur Doa Sehari-Hari karya Jumal Ahmad, adapun lafal doa yang dianjurkan saat peristiwa gempa terjadi adalah sebagai berikut: