Selasa 13 Aug 2024 10:46 WIB

Kolaborasi BRI Group Berdayakan UMKM Perajin Eceng Gondok Rawa Pening

BRI Life memberikan bantuan peralatan dan perangkat digital penunjang penjualan.

Red: Budi Raharjo
Asuransi BRI Life berkolaborasi dengan perusahaan induk (BBRI) serta BRI Research Intitute, berpartisipasi aktif memberdayakan UMKM di daerah.
Foto: .
Asuransi BRI Life berkolaborasi dengan perusahaan induk (BBRI) serta BRI Research Intitute, berpartisipasi aktif memberdayakan UMKM di daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asuransi BRI Life berkolaborasi dengan perusahaan induk (BBRI) serta BRI Research Intitute, berpartisipasi aktif memberdayakan UMKM di daerah. Salah satunya dengan meresmikan Rumah Pemasaran UMKM Eceng Gondok, Waduk Rawa Pening, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Kegiatan ini diharapkan akan mampu meningkatkan penjualan para perajin eceng gondok di sana. Sebelum peresmian dilakukan, telah dilaksanakan berbagai kegiatan pendukung bagi anggota UMKM, antara lain; pelatihan legalitas usaha, digitalisasi keuangan dan marketing, serta pendampingan dan pembentukan pojok digital (sentra penjualan digital).

Baca Juga

BRI Life juga memberikan bantuan berupa peralatan dan perangkat digital guna penunjang penjualan, sosialisasi asuransi serta pemberian produk asuransi mikro Pijar secara cuma-cuma kepada para peserta.

Waduk Rawa Pening dipilih sebagai salah satu tempat pemberdayaan usaha, karena perajin di sekitar waduk telah memanfaatkan eceng gondok yang tumbuh subur dan mengancam ekosistem waduk selama kurun waktu 20 tahun. Melalui perajin UMKM di sini, eceng gondok dapat disulap menjadi produk bernilai, namun para perajin ini masih terkendala dalam memasarkan produk-produknya.