Selasa 13 Aug 2024 17:10 WIB

UMJ Tempati Peringkat 5 Perguruan Tinggi Islam Dunia dan Pertama di Banten Versi UniRank

UniRank merupakan portal terkemuka di bidang pendidikan tinggi internasional.

Red: Gita Amanda
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menempati peringkat 5 Perguruan Tinggi Islam se-Dunia versi UniRank edisi Agustus 2024.
Foto: UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menempati peringkat 5 Perguruan Tinggi Islam se-Dunia versi UniRank edisi Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menempati peringkat 5 Perguruan Tinggi Islam se-Dunia versi UniRank edisi Agustus 2024. Informasi itu diluncurkan pada Senin (12/08/2024) melalui laman resmi UniRank.

Selain peringkat dunia, peringkat UMJ versi UniRank ini mengalami peningkatan di wilayah Banten menduduki posisi pertama dan naik 5 peringkat menjadi posisi ke 3 Perguruan Tinggi se-Jakarta.

Baca Juga

Sementara dalam lingkup Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA), UMJ menempati urutan ke 2 se-Indonesia. Selain itu, UMJ menempati peringkat 6 Perguruan Tinggi se-Jabodetabek, dan peringkat 25 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

UniRank merupakan portal terkemuka di bidang pendidikan tinggi internasional dan mesin pencari yang menampilkan review serta pemeringkatan lebih dari 13.900 Universitas dan perguruan tinggi yang telah diakui secara resmi di lebih dari 200 negara. Melalui berbagai kategori pemeringkatan, UniRank menawarkan penilaian universitas secara global, regional, hingga tingkat kota.

Selain itu, portal ini memberikan pemeringkatan berdasarkan aktivitas akun media sosial universitas, menjadikannya sebagai sumber informasi komprehensif bagi calon mahasiswa, akademisi, dan peneliti yang ingin mengevaluasi dan membandingkan institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia.

Penilaian UniRank didasarkan pada empat indikator penilaian utama, dengan bobot nilai yang berbeda yaitu referring domain (55 persen), global rating (35 persen), domain authority (lima persen), dan trust flow (lima persen).

Referring domain mengukur jumlah website eksternal bereputasi yang mereferensikan website UMJ dengan mencantumkan link/tautan di luar website UMJ yang mengarah ke domain web UMJ. Global rating menghitung jumlah pengunjung unik bulanan situs dan tayangan laman bulanan di lalu lintas web desktop dan seluler.

Domain authority memprediksi seberapa besar kemungkinan peringkat situs web di halaman hasil mesin pencari, dan Trust Flow merujuk pada website yang terkait erat dengan situs kredibel.

Dalam penilaian ini, UMJ berhasil meraih referring domain sebesar 7.629, global rating sebesar 62.054, domain authority sebesar 41, dan trust flow sebesar 22.

Untuk saat ini, peringkat UniRank secara Nasional masih diduduki oleh Universitas Indonesia pada posisi pertama, Universitas Gadjah Mada di posisi kedua, dan diikuti Universitas Bina Nusantara di posisi ketiga. Pemeringkatan yang dirilis oleh UniRank penting sebagai acuan bagi calon mahasiswa, akademisi, dan pihak terkait lainnya dalam menilai kualitas dan reputasi universitas di berbagai negara.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement