Selasa 13 Aug 2024 17:42 WIB

Pengasuh Gontor KH Hasan Sahal Resmikan Kantor Baru Rene Turos Group

KH Hasan Sahal mendorong penguatan ekosistem perbukuan.

Red: Erdy Nasrul
KH Hasan Sahal berpidato saat peresmian kantor Rene Turos di Jakarta.
Foto: Rene Turos
KH Hasan Sahal berpidato saat peresmian kantor Rene Turos di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — KH Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor resmikan gedung kantor baru Rene Turos Group di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Acara yang digelar pada Selasa (13/08/2024) ini menjadi capaian penting bagi penerbit Rene Turos Group karena bisa terus berkembang di tengah gempuran disrupsi dunia penerbitan buku.

Dalam sambutannya, kiai berusia 77 tahun ini menekankan pentingnya peran membaca dalam membangun karakter generasi muda. Pak Hasan, sapaan akrabnya, juga mendukung gerakan literasi Rene Turos Group dan menekankan pentingnya membaca kembali karya yang telah ditulis oleh para ulama dan generasi terdahulu.

Baca Juga

"Kita bisa belajar banyak dari karya para ulama yang ditulis ratusan tahun lalu dan mengambil pelajaran untuk kita terapkan hari ini. Jangan anggap karya-karya tersebut telah usang dan tidak relevan. Kita juga perlu untuk membaca dan mendalami kembali buku atau kitab yang pernah kita baca sebelumnya," tegas ahli hadis lulusan Saudi dan Mesir ini.

Dalam sambutannya, Luqman Hakim Arifin, CEO Rene Turos Group menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya Pak Hasan yang telah membantu usaha merealisasikan mimpi besar Rene Turos Group, “Kami mempunyai mimpi besar untuk menjadi jembatan akses literasi Indonesia dengan menerbitkan 100.000 judul pada tahun 2045. Mimpi itulah yang bisa membawa kami bisa mencapai titik ini. Mohon doanya selalu Pak Hasan dan teman-teman,” tuturnya.

Rene Turos Group menaungi enam penerbit, Turos Pustaka, Renebook, Reneluv, Rene Islam, Renekids, dan Wali Pustaka. Buku yang diterbitkan meliputi berbagai genre buku, mulai dari keislaman klasik dan kontemporer, pengembangan diri, bisnis hingga buku anak dan parenting. Menyasar segmen anak-anak, remaja hingga dewasa.

Acara peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti sebagai simbol diresmikannya gedung baru kantor baru Rene Turos Group oleh Pak Hasan. Selain itu, acara ini dimeriahkan oleh insan perbukuan dan juga para alumni Pondok Modern Darussalam Gontor dari berbagai daerah.

Salah satu yang hadir dalam acara ini adalah penulis buku laris trilogi Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi yang sangat mengapresiasi kerja literasi Rene Turos Group, “Harapan saya semoga Rene Turos terus menggali jauh ke belakang, tetapi juga mempertahankan dan melihat jauh ke depan sehingga kita hidup dengan kekayaan masa lalu dan hidup dengan harapan masa depan.”

Selain meresmikan gedung baru Rene Turos Group, kehadiran Pak Hasan ke Jakarta juga sekaligus memenuhi undangan IKAPI DKI Jakarta pada gelaran Islamic Book Fair (IBF) 2024. Pada pembukaan acara esok hari tersebut (14/08/2024), Pak Hasan didaulat untuk menerima penghargaan sebagai Tokoh Perbukuan Nasional 2024 di Jakarta Convention Center Jakarta.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan serta apresiasi atas semangat dan dedikasi yang telah dilakukan Pak Hasan dalam menginspirasi berbagai kalangan untuk terus membaca, menulis dan mendukung pengembangan dunia literasi di Indonesia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement