Selasa 13 Aug 2024 17:50 WIB

Tren Umrah Mandiri Lewat Travel, Ini Kelebihannya Dibandingkan Umrah Reguler

Layanan umrah mandiri merupakan potensi yang cukup baik bagi travel.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Jamaah umroh Abhinaya tour and travel umroh haji telah usai melaksanakan ibadah umroh di Mekkah.
Foto: Republika/Havid Al Vizki
Jamaah umroh Abhinaya tour and travel umroh haji telah usai melaksanakan ibadah umroh di Mekkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren umroh mandiri diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya dan akan banyak diminati kalangan milenial muslim. Pasalnya, umroh mandiri ini memiliki banyak kelebihan dibanding umroh reguler, diantaranya biayanya lebih terjangkau, bebas menentukan jadwal keberangkatan, mendapatkan pengalaman yang lebih personal, dan bebas memilih akomodasi.

Tren "Umroh Mandiri" biasanya mengacu pada pelaksanaan ibadah umroh secara mandiri tanpa bantuan dari biro perjalanan atau agen travel. Namun, umroh mandiri yang dimaksud di sini adalah umroh mandiri yang tetap melalui travel.

Baca Juga

Direktur Utama (Dirut) Abhinaya Tour and Travel Umroh Haji Pandu Apriyanto mengatakan, umroh mandiri ini sebenarnya adalah umroh yang punya satu kelebihan tersendiri.

"Karena umroh mandiri ini bisa lebih fleksibel dalam segi hampir semuanya. Baik itu pemilihan tanggal, kemudian jumlah hari, kemudian akomodasi yang digunakan, dan kemudian juga pesawat yang digunakan, dan ini mempunyai kelebihan tersendiri," ujar Pandu saat berkunjung ke Kantor Republika, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2024).

Jika jamaah umroh mandiri tersebut pintar dalam memilih akomodasi dan transportasi, menurut dia, biayanya juga akan lebih ekonomis dibandingkatkan dengan paket umroh biasa.

"Kalau kita bisa pintar memilih untuk seluruh yang saya sebutkan tadi, item saya sebutkan tadi, ini harganya pun bisa lebih ekonomis," ucap Pandu.

Abhinaya sendiri menjadi salah satu travel haji dan umroh yang kini menyediakan layanan umroh mandiri untuk masyarakat Indonesia. Menurut Pandu, layanan umroh mandiri lewat travel umroh ini juga akan menjamin keamanan dan kenyamanan jamaah.

"Yang paling penting di sini bukan hanya sekadar itu, tapi adalah dari segi keamanan dan kenyamanan. Karena umroh mandiri ini alangkah baiknya dan sebaiknya bahkan seharusnya ini dikelola oleh travel yang mempunyai izin PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah). Jadi umroh yang benar-benar secara resmi terdaftar," kata Pandu.

Dia mengatakan, ibadah umroh mandiri melalui travel ini sangat memungkinkan untuk dilakukan masyarakat Indonesia. Menurut dia, calon jamaah bisa mempercayakan segala sesuatunya, baik pemilihan hotel, pemilihan pesawat, dan pemilihan tanggal keberangkatannya.

"Itu bisa diserahkan kepada PPIU walaupun masukan tetap dari customer ataupun calon jamaah tersebut," jelas Pandu.

Menurut dia, masyarakat yang memilih melaksanakan ibadah umroh mandiri lewat Abhinaya Tour and Travel Umroh Haji terus meningkat. Kedepannya, dia yakin layanan umroh mandiri ini juga akan banyak diminati oleh kalangan anak muda.

"Kedepannya kita lihat banyak anak-anak muda atau milenial yang mungkin mereka juga akan tertarik bahkan sudah mulai mencari-cari untuk bisa pergi sendiri, dia mudahnya sama seperti pergi ke Korea ke Jepang dengan pembukuan masing-masing," kata Pandu.

Dia menambahkan, layanan umroh mandiri merupakan potensi yang cukup baik bagi travel, terutama travel PPIU yang bisa memfasilitasi dengan kefleksibelan yang ada.

"Dan kita bisa melakukan ini secara baik dan kita bisa memfasilitasi bahwasanya perjalanan ini adalah perjalanan umroh yang resmi yang diwadahi dan dikelola oleh travel yang mempunyai izin PPIU dari Kementerian Agama," jelas Pandu. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement