Rabu 14 Aug 2024 00:12 WIB

CDM Malaysia Minta Semua Pihak Terima Fakta tak Punya Atlet Top, Ajak Tiru Indonesia

Malaysia akan berusaha bangkit di Olimpiade Los Angeles 2028.

Red: Israr Itah
Lee Zii Jia, pebulu tangkis tunggal putra Malaysia yang meraih perunggu di Olimpiade Paris 2024.
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Lee Zii Jia, pebulu tangkis tunggal putra Malaysia yang meraih perunggu di Olimpiade Paris 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SEPANG -- Ketua Kontingen (CDM) Malaysia untuk Olimpiade Paris 2024 Datuk Hamidin Mohd Amin meminta semua pihak menerima realita, menyusul anggapan kontingen Malaysia gagal di pesta olahraga sejagat tersebut. Menurut Hamidin, Malaysia tak punya atlet papan atas yang pantas dianggap gagal jika tak menyabet emas.

Ia menekankan, sebagian besar atlet yang mewakili negara telah menunjukkan peningkatan dalam hal rekor dan performa, termasuk di cabang bulu tangkis dan angkat besi. Ia menilai Malaysia perlu fokus pada beberapa cabang olahraga yang berpotensi meraih medali di Olimpiade Los Angeles 2028.

Baca Juga

“Kita perlu berdiri di bumi nyata, karena saya contohkan, untuk bulu tangkis, tidak ada satu pun pebulu tangkis kita yang menduduki peringkat satu atau dua dunia. Mereka peringkat 12 dan peringkat sembilan, tapi sudah melampaui performanya sebelum Olimpiade," kata dia dikutip dari Astro Awani, Selasa (13/8/2024).

"Jadi itu semua harus kita lihat. Kalau kita bilang ini pemain-pemain peringkat satu dunia dan tidak dapat emas, lain halnya karena kita berusaha ke arah itu," ujar sosok yang juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM).