Rabu 14 Aug 2024 10:39 WIB

Bank Sampah Perumnas, Olah Sampah Jadi Penghasilan Tambahan

Ibu rumah tangga terlibat aktif dalam kegiatan memilah sampah.

Rep: Muhammad Nursyamsi / Red: Satria K Yudha
Kelompok bank sampah binaan Perumnas memberikan edukasi pilah sampah kepada warga di Sentraland Paradise Parung Panjang Bogor.
Foto: Perumnas
Kelompok bank sampah binaan Perumnas memberikan edukasi pilah sampah kepada warga di Sentraland Paradise Parung Panjang Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perum Perumnas menegaskan komitmennya terhadap tanggung jawab sosial dan keberlanjutan terhadap lingkungan (TJSL) dengan membina Kelompok Bank Sampah di Perumnas Parung Panjang, Bogor. Wakil Direktur Utama Perumnas Tambok Setyawati menyatakan sangat mengapresiasi aktivitas kelompok yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dalam pengelolaan bank sampah warga tersebut. 

"Ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi dari hasil penjualan pilah sampah, tetapi juga berdampak langsung pada kesehatan masyarakat setempat untuk menekan angka stunting anak-anak," ujar Tambok dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (13/8/2024).

Tambok mengatakan kelompok bank sampah tersebut berkesempatan memberikan edukasi pilah sampah kepada warga sekitarnya di Sentraland Paradise Parung Panjang Bogor pada event Sosialisasi & Edukasi Kelola Sampah Dari Rumah yang diselenggarakan oleh Synergy Lady Leaders. Perumnas, lanjut Tambok, menyambut baik atas setiap program pemberdayaan perempuan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

"Dengan program ini, kita melihat sesuatu yang sederhana seperti pengelolaan sampah dapat membawa perubahan yang signifikan dari segi ekonomi maupun kesehatan," lanjut Tambok.