Kamis 15 Aug 2024 08:24 WIB

Era Suku Bunga Tinggi Bikin Aset-Aset Ini Jadi Menarik Cuan Buat Investasi

Sektor finansial menjadi yang berpotensi diuntungkan oleh arus dana asing.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Lida Puspaningtyas
Ilustrasi investasi.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi investasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) memproyeksikan pasar saham Indonesia akan kembali atraktif. Chief Investment Officer, Equity, MAMI Samuel Kesuma mengatakan minat terhadap pasar saham domestik sejauh ini terpukul oleh era suku bunga tinggi yang membuat risk-free asset menjadi sangat menarik.

"Seiring siklus penurunan suku bunga, kondisi akan berubah dan membuat pasar saham kembali atraktif dilihat dari sudut pandang risk-return yang ditawarkan," ujar Samuel saat Market Update: Wind of Change di Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Baca Juga

Samuel menilai hal ini didukung oleh harapan kebijakan pro pertumbuhan pemerintahan baru yang membuat minat investor terlihat meningkat, terutama dari investor asing yang sudah lebih dulu berinvestasi ke pasar dan membuat posisi arus dana asing kembali positif. Saat ini, lanjut Samuel, ada beberapa sektor yang bisa menjadi pertimbangan.

"Sektor finansial menjadi yang berpotensi diuntungkan oleh arus dana asing (dimana saham-saham big cap biasanya menjadi pilihan pertama), dan di lain pihak likuiditas perbankan juga mulai terlihat stabil," ucap Samuel.