Kamis 15 Aug 2024 09:47 WIB

Pj Heru Gelar Uji Coba Makan Bergizi Gratis Usai HUT Ke-79 RI

Heru memilih menggunakan tunjangan operasional gubernur untuk uji coba makan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).
Foto: Antara
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan uji coba makan bergizi gratis di Jakarta usai perayaan HUT ke-79 RI. Hal itu karena Heru yang juga menjabat kepala sekretariat presiden (Kasetpres) sedang sibuk menyiapkan perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Setelah 17-an besok (uji coba makan gratis). Saya masih ada 17 Agustus. Nanti begitu selesai mungkin hari Senin," jelas Heru di Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Baca Juga

Kendati demikian, menurut Heru, lokasi pelaksanaan uji coba makan gratis belum dipastikan. Dia akan keliling ke daerah Kalibaru, Cakung, Muara Angke, Cilincing, dan seterusnya untuk memastikan lokasi uji coba yang pas.

Sementara untuk biaya pemberian makan gratis, Heru menghitung, apabila makanan yang disajikan senilai Rp 15.000 per anak, setidaknya Pemprov DKI membutuhkan dana Rp 8 juta untuk setiap sekolah. "Misalnya untuk tahap pertama saya hitung kurang lebih lima sampai delapan juta, anak SD. Kalau bisa, seminggu dua kali," jelas Heru.

Hanya saja, karena anggaran pasti belum dialokasikan, Heru memilih akan menggunakan tunjangan operasionalnya sebagai gubernur untuk menjalankan uji coba program makan gratis tersebut. Setelah itu, pelaksanaannya nantinya dengan bantuan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lewat program CSR.

Adapun makan bergizi gratis merupakan program unggulan pasangan Presiden dan Wapres Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat kampanye Pilpres 2024. Uji coba makan bergizi sudah dihelat di Sentul (Kabupaten Bogor), Kota Solo, Surabaya, dan Tangerang

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement