Kamis 15 Aug 2024 10:55 WIB

BPOM Sebut 7 Penyakit Terkait BPA pada Galon Guna Ulang

Pemerintah mengantisipasi dampak kesehatan dengan kebijakan pelabelan BPA.

Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi galon guna ulang.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi galon guna ulang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Ema Setyawati, menyebut ada tujuh penyakit yang berkorelasi dengan risiko kontaminasi senyawa kimia Bisfenol A (BPA) pada galon guna ulang, sebutan populer untuk galon air minum bermerek yang paling banyak dikonsumsi masyarakat.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada risiko kesehatan yang ditimbulkan akibat paparan BPA melalui mekanisme endocrine disruptor, khususnya hormon estrogen," kata Ema melalui keterangan tertulis, Kamis (15/8/2024).

Baca Juga

Ema merinci ketujuh penyakit tersebut termasuk gangguan sistem reproduksi baik pria maupun wanita, diabetes dan obesitas, gangguan sistem kardiovaskular, gangguan ginjal, kanker, gangguan perkembangan kesehatan mental dan Autism Spectrum Disorder (ASD) pada anak.

Ema menyatakan pemerintah mengantisipasi dampak kesehatan tersebut dengan mengeluarkan kebijakan pelabelan BPA. "Berdasarkan risiko kesehatan, jumlah konsumsi, dan data produk beredar, BPOM memandang perlu untuk segera melakukan pengaturan label Air Minum Dalam Kemasan," katanya.