Kamis 15 Aug 2024 21:07 WIB

Jepang Cabut Peringatan Gempa Besar Palung Nankai

Jepang mengeluarkan peringatan gempa besar pertamanya.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Pejabat dari Badan Meteorologi Jepang dan kantor kabinet menghadiri konferensi pers untuk mengumumkan berakhirnya upaya selama seminggu untuk meningkatkan kehati-hatian dan kesiapsiagaan terhadap kemungkinan gempa besar yang melanda pantai Pasifik, di kantor badan tersebut di Tokyo, Kamis, 15 Agustus 2024.
Foto: Kyodo News via AP
Pejabat dari Badan Meteorologi Jepang dan kantor kabinet menghadiri konferensi pers untuk mengumumkan berakhirnya upaya selama seminggu untuk meningkatkan kehati-hatian dan kesiapsiagaan terhadap kemungkinan gempa besar yang melanda pantai Pasifik, di kantor badan tersebut di Tokyo, Kamis, 15 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang mencabut peringatan gempa besar satu pekan setelah terjadi guncangan di Palung Nankai. Gempa di zona patahan lempeng tektonik itu memicu pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan gempa besar pertamanya.

Menteri Penanggulangan Bencana Yoshifumi Matsumura mengatakan kini warga bisa kembali kehidupan normal setelah tidak ada tanda-tanda abnormalitas dalam pengamatan aktivitas seismik di Palung Nankai yang terletak di lepas pantai pesisir Pasifik Jepang satu pekan terakhir.

Baca Juga

Pada 8 Agustus lalu panel pakar Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan "peluang yang cukup besar" akan terjadinya gempa besar hingga 9 magnitudo di Palung Nankai. Setelah gempa 7,1 magnitudo mengguncang barat daya negara itu.

Walaupun peringatan bukan prediksi pasti, pemerintah Jepang meminta warga dari ujung barat sampai tengah untuk melihat prosedur bila terjadi bencana gempa besar dan tsunami.

Pada akhir pekan lalu Perdana Menteri Fumio Kishida membatalkan turnya ke Asia Tengah dan Mongolia untuk memprioritaskan penanggulangan bencana.

Pada 9 Agustus gempa 5,3 magnitudo mengguncang timur Jepang dekat Tokyo. Tapi episentrum gempa berada di luar zona Palung Nankai yang menurut JMA adanya peluang gempa besar. Kerusakan pada gempa itu kecil dan hanya mengakibatkan tiga orang mengalami luka ringan.

Perusahaan kereta Central Japan Railway juga mencabut langkah pencegahan selama satu pekan untuk mengurangi kecepatan sepanjang daerah pesisir. Meski resiko bencana alam lain, mendekatnya Badai Ampil memaksa perusahaan itu membatalkan perjalanan kereta cepat yang menghubungkan Tokyo dan Nagoya pada Jumat (16/8/2024).

Jepang memprediksi 70 sampai 80 persen kemungkinan gempa besar terjadi di Palung Nankai dalam 30 tahun ke depan.

Pemerintah Jepang memperkirakan skenario terburuk gempa besar di Palung Nankai yang memicu tsunami akan menewaskan 323 ribu orang, menghancurkan 2,38 juta bangunan dan menimbulkan kerugian ekonomi hingga 220 triliun yen atau 1,50 triliun dolar AS.

Jepang salah satu negara paling rentan gempa di dunia. Lebih dari 15 ribu orang tewas dalam gempa 9 magnitudo yang memicu tsunami pada 2011 lalu dan melelehkan tiga reaktor di pembangkit listrik tenaga nuklir.

Sementara itu Topan Ampil yang menghantam Tokyo memaksa maskapai   membatalkan ratusan penerbangan. Perusahaan kereta juga menangguhkan sebagian dari perjalanan di puncak musim liburan musim panas.

Topan yang JMA kategorikan "kuat" ini berada sekitar 690 km di lepas pantai Pasifik Jepang pada pukul 09.00 pagi  dan menuju ke arah Tokyo dan wilayah sekitarnya. JMA memiliki dua kategori yang lebih tinggi yakni "sangat kuat" dan "dahsyat."

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement