Jumat 16 Aug 2024 05:05 WIB

Surya Paloh Isyaratkan Anies tak Bakal Ikut Kontestasi Pilkada Jakarta 2024

Partai Nasdem memastikan menarik dukungannya terhadap Anies Baswedan.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan sambutan saat menghadiri acara Silaturahmi Idul Adha bersama sejumlah elemen warga di Jakarta, Rabu (19/6/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan sambutan saat menghadiri acara Silaturahmi Idul Adha bersama sejumlah elemen warga di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Partai Nasdem memastikan menarik dukungannya terhadap Anies Baswedan sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pilkada DIK Jakarta 2024. Ketua Nasdem Surya Paloh memastikan hal tersebut setelah bertemu dengan Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto di rumah Kertanegara, Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (15/8/2024) petang.

Surya menyebut, Anies belum waktunya kembali maju dalam kontestasi politik tahun ini. Sebelumnya, PKS sudah terlebih dulu mencabut dukungannya untuk mantan capres 2024 tersebut. “Saya sudah memberitahukan Pak Anies, ‘Pak Anies, Anda sebagai adik, ini bukan momen Anda untuk maju pada Pilkada Jakarta’,” begitu kata Surya, Kamis (15/8/2024).

Baca Juga

Surya mengisyaratkan, Anies tidak bisa ikut kontestasi Pilkada Jakarta tahun ini. Menurutnya, akan ada waktu yang lebih tepat bagi mantan gubernur DKI Jakarta itu untuk bisa maju lagu sebagai pemimpin provinsi di ibu kota negara tersebut. “Kita cari momentum yang lebih tepat lagi ke depan. Dan kita ada pemahaman itu,” ujar Surya.

Penyampaian Surya tersebut, menjawab spekulasi publik tentang nasib Anies Baswedan di tahun-tahun politik saat ini. Semula, Partai Nasdem menjadi partai pertama yang mengumumkan Anies Baswedan sebagai cagub dari Partai Nasdem untuk Pilkada DKI Jakarta 2024. Pencalonan tersebut, setelah Partai Nasdem pun kandas sebagai partai politik utama dalam menyokong Anies Baswedan sebagai capres dalam Pilpres 2024 lalu.