Jumat 16 Aug 2024 10:00 WIB

Presiden Pakai Busana Adat Khas Betawi pada Sidang Tahunan MPR 2024

Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan kebaya berwarna krem keemasan dengan kain songket

Red: Lida Puspaningtyas
Presiden Joko Widodo menggunakan busana adat Betawi, Jakarta. Jakarta nantinya bukan lagi ibu kota Indonesia.
Foto: Tangkapan layar
Presiden Joko Widodo menggunakan busana adat Betawi, Jakarta. Jakarta nantinya bukan lagi ibu kota Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat khas Betawi saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang bersama DPR dan DPD Tahun 2024 Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/7/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo sekitar pukul 08.55 WIB.

Baca Juga

Presiden Jokowi memakai busana adat Demang khas Betawi berwarna hitam dan celana panjang berwarna senada. Pakaian tersebut dipadu dengan kain berwarna keunguan dengan hiasan rantai di dada, serta peci berwarna hitam.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan kebaya berwarna krem keemasan dengan kain songket berwarna senada.

Iriana memilih kebaya panjang tersebut dilengkapi dengan selendang berwarna krem keemasan yang dipasang di pundak kanannya. Ibu Negara tampak anggun dengan riasan sederhana dan rambut yang digelung.

Berbeda dengan tahun lalu, Presiden Jokowi memakai pakaian adat Maluku dengan kain tenun Tanimbar berwarna cokelat gelap, serta hiasan kepala berwarna hitam dan kalung berornamen putih.

Saat tiba, Presiden Jokowi dan Iriana disambut oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mattalitti di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan.

Presiden Jokowi kemudian berfoto bersama didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Istri Wury Ma'ruf Amin, dan Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD RI, serta istri.

Adapun Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI-Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.

Setelah Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama, acara akan dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB untuk melaksanakan Sidang Paripurna DPR RI tentang RAPBN Tahun 2025.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement