Sabtu 17 Aug 2024 08:12 WIB

Media Sebut Operasi Militer Israel di Jalur Gaza Secara Umum Selesai, Hamas Berakhir?

Israel menyebut operasi di Gaza sudah berhasil

Red: Nashih Nashrullah
Warga Palestina berjalan untuk mengungsi akibat serangan Israel di Khan Younis, Jalur Gaza, Senin (22/7/2024). Ribuan warga di Khan Younis melarikan diri dari serangan udara dan operasi militer Israel. Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas melaporkan serangan Israel ke Khan Younis, selatan Jalur Gaza tersebut menewaskan 70 orang dan melukai lebih dari 200 lainnya.
Foto:

Pakar militer Brigadir Jenderal Elias Hanna mengatakan bahwa penyergapan oleh pasukan Israel di tempat yang sama di mana pasukan lain sebelumnya disergap berarti Israel bertempur dengan cara yang sama, mengulangi kesalahan yang sama dan tidak dapat mengendalikan, sementara perlawanan lebih kohesif dan terhubung.

Brigade Al-Qassam, sayap militer Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), pada hari Rabu (7/8/2024) mempublikasikan foto-foto penyergapan pasukan Israel di daerah yang penduduknya mengungsi akibat pendudukan beberapa bulan yang lalu, dan mengatakan bahwa penyergapan tersebut dilakukan dengan menggunakan tabung "Sejil" yang terbuat dari sisa-sisa senjata penjajah.

Beberapa anggota pasukan terbunuh dan terluka, dan kendaraan lapis baja mengangkut mereka dari lokasi operasi, menurut video tersebut.

Video tersebut juga menyertakan gambar-gambar yang menunjukkan pasukan Israel disergap dalam penyergapan serupa di daerah yang sama pada Februari.