Sabtu 17 Aug 2024 14:09 WIB

Ahok Ceritakan Sulitnya Ia Dulu Daftar Cagub Independen, Curiga Sekarang Dipermudah

Ahok curiga calon independen diciptakan agar calon dari parpol tak lawan kota kosong.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andri Saubani
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.
Foto:

Oleh karena itu, Ahok memandang cagub independen sekarang justru lebih mudah syaratnya. Sebab, Ahok menduga cagub independen tak mengikuti format yang ada.

"Tapi yang pasti dengan cara list saja diterima, berarti kan (cagub) independennya kita ini agak dipermudah ya. karena dulu kan saya pernah mau coba independen," ucap Ahok.

Sebelumnya, pencatutan data identitas warga untuk dukungan Dharma Pongrekun-Kun Wardana maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta menuai polemik. Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Provinsi DKI Jakarta Dody Wijaya mengatakan, pihaknya telah melakukan verifikasi faktual kedua 826.766 dukungan yang telah diserahkan oleh tim Dharma-Kun. Hasilnya, sebanyak 494.467 dukungan dinyatakan memenuhi syarat dan 332.299 dukungan tidak memenuhi syarat.

"Jika ditotal dengan data yang memenuhi syarat diverifikasi faktual kesatu sejumlah 183.001 data dukung, maka total bakal pasangan calon di hasil rekapitulasi akhir data yang memenuhi syarat 677.468 data dan melebihi syarat dukungan minimal 618.968 dukungan," kata Dody di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis malam.