Sabtu 17 Aug 2024 23:38 WIB

Tak Hanya Wisata Alam, Ciwidey pun Punya Coklat Lezat Xi-Ujank Berbahan Baku Lokal

Ciwidey memiliki potensi besar dalam sektor kuliner, khususnya cokelat

Red: Arie Lukihardianti
Coklat asli Ciwidey
Foto: Dok Republika
Coklat asli Ciwidey

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Masyarakat Jawa Barat (Jabar) cukup senang berbelanja online. Bahkan, produk makanan dan minuman cukup banyak dibeli secara online. Berdasarkan data internal Tokopedia tercatat sejumlah kategori paling laris selama semester I 2024, yaitu Makanan dan Minuman, Kesehatan, Pertukangan, Rumah Tangga hingga Otomotif.

Salah satu kisah inspiratif UMKM lokal Jabar, yang inspiratif adalah Xi U-Jank Chocolate yang turut merasakan dampak positif dari kehadiran platform digital ini. Menurut Sandi Ramdhani selaku salah satu Pendiri Xi-Ujank Chocolate, dirinya memiliki visi memperkenalkan cokelat Ciwidey ke pasar nasional. Dirinya bersama Roni Fahroni, mendirikan bisnis pada Maret 2023 dengan nama unik, yakni Xi U-Jank Chocolate yang diadaptasi dari sapaan khas Sunda, yakni "Ujang".

Baca Juga

"Sejak awal Xi U-Jank Chocolate berdiri, kami ingin mengangkat nilai tambah Ciwidey yang tak hanya dikenal sebagai destinasi wisata alam, tetapi juga dikenal sebagai wilayah dengan potensi besar dalam sektor kuliner, khususnya cokelat," ujar Sandi.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga ingin membantu mengurangi jumlah pengangguran di Jawa Barat. Sehingga dengan membuka bisnis Xi U-Jank Chocolate, ia dapat memberikan lapangan pekerjaan yang layak bagi warga lokal .