Ahad 18 Aug 2024 06:29 WIB

Arsenal dan Liverpool Buka Liga Primer Inggris dengan Kemenangan 2-0

Arsenal mengalahkan Wolves, sementara LIverpool menaklukkan Ipswich.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang sayap Arsenal Bukayo Saka (ketiga kiri) merayakan golnya ke gawang Wolverhampton Wanderers (Wolves) dalam pertandingan pekan pembuka Liga Primer Inggris 2024/2025 di Stadion Emirates, London, Sabtu (17/8/2024).
Foto: EPA-EFE/DAVID CLIFF
Penyerang sayap Arsenal Bukayo Saka (ketiga kiri) merayakan golnya ke gawang Wolverhampton Wanderers (Wolves) dalam pertandingan pekan pembuka Liga Primer Inggris 2024/2025 di Stadion Emirates, London, Sabtu (17/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua tim kandidat juara Liga Primer Inggris, Arsenal dan Liverpool, sama-sama memetik kemenangan 2-0 pada laga pembuka musim 2024/2025. Arsenal menaklukkan Wolverhampton Wanderers 2-0 di Stadion Emirates, London, Sabtu (17/8/2024), sementara Liverpool menang dengan skor serupa di markas Ipswich Town.

Gol dari Kai Havertz dan Bukayo Saka membawa Arsenal menaklukkan Wolves. Adapun Liverpool unggul lewat gol Diogo Jota dan Mohamed Salah pada babak kedua.

Baca Juga

Kemenangan ini membuat Arsenal berada di peringkat kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris, sementara Liverpool di posisi ketiga. Puncak klasemen diduduki Brighton and Hove Albion yang menang 3-0 di markas Everton.

Jalannya laga

Arsenal mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan memberikan ancaman melalui tendangan Saka yang masih dapat diamankan kiper Wolves Jose Sa.

Saka kembali menciptakan peluang untuk Arsenal, tapi tendangan yang ia lepaskan kembali dapat diselamatkan oleh Jose Sa.

Skuad asuhan Mikel Arteta akhirnya berhasil mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-26. Umpan Saka dapat dikonversi menjadi gol oleh sundulan Havertz yang membuat skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Wolves berupaya untuk menyamakan kedudukan, salah satunya lewat sundulan Joergen Strand Larsen yang memaksimalkan umpan Hwang Hee-chan. Namun bola dapat diamankan kiper Arsenal David Raya.

Jual beli serangan antara kedua tim terus terjadi. Namun pada sisa waktu babak pertama tak ada lagi gol yang tercipta sehingga skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Arsenal menciptakan peluang terlebih dahulu lewat tendangan Havertz setelah menerima umpan Gabriel Martinelli, tapi bola masih menyamping dari gawang Wolves.

Wolves berbalik memberikan ancaman ke gawang Arsenal melalui tendangan yang dilepaskan oleh Matheus Cunha, namun bola dapat diamankan oleh David Raya.

The Gunners sukses menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 setelah pada menit 74, tendangan kaki kiri Saka membobol gawang Wolves.

Pada sisa waktu pertandingan, Arsenal tetap mendominasi jalannya pertandingan, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk kemenangan Ben White serta kolega tetap bertahan.

Selanjutnya pada pekan kedua Liga Inggris, Arsenal dijadwalkan akan berjumpa dengan Aston Villa, Sabtu (24/8/2024), sedangkan Wolves berjumpa Chelsea, sehari setelahnya.

Sementara Liverpool kesulitan menjebol Ipswich, tim promosi yang dibela Elkan Baggott. Sayang, Elkan tak masuk dalam skuad untuk menghadapi Liverpool.

Ipswich berpeluang unggul lebih dahulu setelah umpan silang Sam Morsy disambut sundulan Jacob Greaves yang masih dijinakkan kiper Liverpool Alisson Becker. Liverpool tetap dominan, tapi tak berhasil membongkar pertahanan Ipswich sehingga skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Liverpool tetap menyerang sehingga akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-60 dari gol yang dicetak oleh Diogo Jota. Berawal dari umpan Mohamed Salah, bola diterima oleh Jota yang diteruskan dengan tendangan yang tak bisa dibendung kiper Ipswich Christian Walton.

Liverpool semakin percaya diri dan kemudian menggandakan keunggulan dari gol yang dicetak Mohammed Salah pada menit ke-65. Gol ini menjadi rekor untuk pemain Mesir itu karena merupakan gol kesembilan dalam setiap partai pembuka musim yang dijalani Liverpool.

Liverpool sedikit mengendurkan serangan, sebaliknya Ipswich berupaya memperkecil ketertinggalan. Namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk skuad asuhan Arne Slot bertahan.

Selanjutnya, Liverpool akan menjamu Brentford pada Ahad (25/8/2024), sementara Ipswich Town bertandang ke kandang Manchester City, sehari sebelumnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement