Ahad 18 Aug 2024 13:53 WIB

Gen Z Nilai Instagram dan TikTok Paling Merusak Kesehatan Mental

Studi ini mendorong semua orang lebih selektif memilih konten media sosial.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah remaja saat bercengkrama di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Area sekitar taman Stasiun MRT Dukuh Atas menjadi ruang publik favorit yang ramai didatangi oleh kalangan remaja dari daerah pinggiran Ibu Kota. Kedatangan mereka untuk menghabiskan waktu libur sekolah dengan bercengkrama bersama sahabat dan membuat konten media sosial. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Studi ini juga mengungkapkan keinginan kuat dari generasi Z untuk mengubah pengalaman mereka di media sosial. Sebanyak 62 persen berharap dapat “mengatur ulang” feed media sosial mereka dan memulai dari awal.

Lebih dari setengahnya (53 persen) mengungkapkan rasa frustasi terhadap ketidakselarasan konten dengan minat mereka. Selain itu, 54 persen percaya bahwa mereka memiliki kendali terbatas atau tidak memiliki kendali atas konten yang mengisi feed mereka, dengan hanya 16 persen yang mengklaim memiliki kendali penuh.

Namun, tidak semua pengalaman mereka di media sosial bersifat negatif. Empat dari lima responden (80 persen) mengasosiasikan media sosial dengan dampak positif pada suasana hati mereka.

Komedi (65 persen), video hewan (48 persen), postingan yang berhubungan dengan kecantikan (40 persen), dan video lelucon (34 persen) adalah beberapa jenis konten yang mampu meningkatkan suasana hati.