Ahad 18 Aug 2024 18:29 WIB

PLN IP Gandeng Arab Saudi Bangun PLTS Terapung Saguling

Pembangunan PLTS ini untuk membantu menekan laju perubahan iklim.

Red: Satria K Yudha
PLTS (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
PLTS (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN Indonesia Power (PLN IP) menggandeng perusahaan Arab Saudi untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung di atas permukaan air Waduk Saguling, Jawa Barat, dengan kapasitas 60 MW. Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, pihaknya konsisten mengembangkan energi baru dan terbarukan (EBT) di Tanah Air.

"Pembangunan PLTS terapung di Waduk Saguling akan dikelola PT Indo ACWA Tenaga Saguling, merupakan joint venture antara PLN Indonesia Power dengan ACWA Power, perusahaan Arab Saudi yang memiliki concern pada pengembangan pembangkit berbasis EBT," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (18/8/2024).

Pembangunan PLTS Terapung Saguling itu dimulai dengan penandatanganan perjanjian jual beli tenaga listrik (PJBTL) atau power purchase agreement (PPA) yang dilakukan Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dan Direktur Utama PT Indo ACWA Tenaga Saguling Rudolf Rinaldo Aritonang.

"Dengan PPA ini semakin mempertegas keseriusan PLN Indonesia Power dalam mendorong transisi energi tanah air," kata Edwin.