Ahad 18 Aug 2024 19:57 WIB

Selami Lautan Ilmu, Inovasi Layanan Referensi di Universitas BSI Pontianak

Di era digital, pendidikan tinggi telah melampaui batasan ruang kelas tradisional.

Red: Gita Amanda
Universitas BSI Pontianak menyediakan perpustakaan yang nyaman dan komprehensif untuk mendukung proses belajar mengajar.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI Pontianak menyediakan perpustakaan yang nyaman dan komprehensif untuk mendukung proses belajar mengajar.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Di era digital saat ini, pendidikan tinggi telah melampaui batasan ruang kelas tradisional. Kemampuan mahasiswa untuk mengakses, memahami, dan memanfaatkan berbagai sumber informasi menjadi sama pentingnya dengan pembelajaran formal. Dua elemen penting yang mendukung hal ini adalah layanan referensi yang efektif dan tradisi literasi yang kuat di kalangan mahasiswa. Di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak, kedua aspek ini telah lama diakui sebagai pondasi keunggulan akademis.

Layanan referensi adalah fasilitas yang menyediakan akses ke berbagai sumber informasi dan panduan penggunaannya. Membaca, di sisi lain, merupakan keterampilan mendasar yang memungkinkan mahasiswa untuk menyerap dan mengolah informasi dari berbagai sumber. Kombinasi antara layanan referensi yang handal dan budaya literasi yang kokoh telah menjadi dasar Universitas BSI Kampus Pontianak dalam mencetak lulusan yang berkualitas dan mendorong kemajuan akademik.

Baca Juga

Ir Eri Bayu Pratama, kepala kampus Universitas BSI kampus Pontianak menekankan aktivitas membaca mahasiswa tidak hanya terbatas pada buku teks dan materi perkuliahan, tetapi juga mencakup artikel ilmiah, jurnal, dan publikasi lain yang relevan dengan bidang studi mereka. "Melalui kegiatan membaca yang aktif dan kritis, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan analitis, keterampilan menulis, serta wawasan yang luas mengenai topik yang mereka pelajari," ujar Eri dalam rilis yang diterima, Ahad (18/8/2024).

Ia juga menambahkan karya tulis akademik yang bermutu selalu berlandaskan pada sumber referensi yang berkualitas, yang menjadi dasar kokoh bagi argumentasi dan analisis dalam tulisan ilmiah mahasiswa.